Pencurian Bandwidth

Pencurian Bandwidth
Mungkin bagi beberapa blogger pemula akan santai-santai saja mendengar informasi pencurian bandwidth, alasan mereka di antaranya mungkin karena belum tahu apa itu bandwitth, belum pernah mengalami bandwidth exceeded karena blog yang dibuat sepi pengunjung, bandwidth yang diberikan hosting cukup besar, atau alasannya karena mereka memiliki unlimited bandwidth.

Secara garis besar bandwidth adalah besaran transfer data yang diperbolehkan dalam suatu paket hosting yang biasanya akan dihitung dan dijumlahkan setiap bulan. Misalnya paket hosting dengan bandwidth 1GB artinya batas yang diperbolehkan untuk transfer data perbulan adalah 1GB. Seorang blogger yang memiliki bandwith terbatas tentu akan bekerja keras untuk menghemat penggunaan bandwidth.


Salah satu faktor penyebab terjadinya bandwidth exceeded adalah pencurian bandwidth (hotlinking) yang biasanya terjadi pada file image atau gambar yaitu dengan mengambil file langsung dari server kita untuk ditampilkan pada situs si pencuri bandwidth. Jadi kesimpulannya mereka yang pakai tetapi bandwidth kita yang berkurang parhnya lagi tentu kita yang bayar untuk sewa hosting.

Hotlinking dapat dikatakan sebuah pengambilan file image untuk ditampilkan pada suatu situs dengan cara menulis URL file gambar tersebut dimana URL tersebut adalah alamat langsung file gambar yang akan dipakai. Penempatan file gambar seperti ini hampir sama seperti halnya pada saat kita menggunakan file gambar pada situs Photobucket.com, Imageshack.com, atau situs sejenis.

Pada Photobucket, Imageshack atau situs sejenis, kita tidak bisa dikategorikan mencuri bandwidth walaupun tentu bandwidth Photobucket dan Imageshack sendiri akan berkurang setiap kali ada pengunjung blog kita yang membuka file gambar (yang sebelumnya telah diupload ke Photobucket). Hal ini dikarenakan kita adalah member dan hanya member yang berhak menggunakan file gambar tersebut. Pengguna Photobucket, Imageshack atau situs sejenis telah diberi izin (sesuai sesuai TOS mereka) untuk mengupload file gambar dan kemudian bisa menggunakan file gambar tersebut untuk ditempatkan pada blog pengguna dengan cara menulis alamat URL file gambar yang disediakan.

Pencuriaan bandwith dengan cara tersebut (hotlinking) memang sulit untuk dilacak atau dicegah walaupun memang ada cara untuk mengurangi terjadinya pencurian bandwith salah satunya dengan cara memodifikasi file .htacces (takien.com). Oleh karena itulah saya pikir kenapa banyak para blogger yang membahas mengenai "etika blogger" dengan maksud agar terjadi saling menghargai antar blogger dan jalinan komunikasi yang positif di dunia maya.

Saran saya, kalau kita ingin menggunakan file image atau file gambar orang lain, jangan menulis langsung alamat URL file tersebut karena pada saat file tersebut dilihat pengunjung maka bandwidth orang lain (pemilik gambar tersebut) yang akan berkurang. Copy atau download dulu file gambar tersebut kemudian upload pada server sendiri untuk ditampilkan pada blog atau website kita, itupun harus dengan seizin pemilik file gambar tersebut, jangan asal copy paste tanpa minta izin pemiliknya kecuali di tempat-tempat penyedia foto atau gambar gratis.

Informasi lain mengenai pencurian bandwidth dapat Anda lihat takien.com.
Anda punya pendapat lain mengenai Pencurian Bandwidth?
Semoga bermanfaat.

Arsip