Friday, February 12, 2010

Foto Dan Images Gratis

Foto
Sebagai seorang blogger, terkadang foto atau image sangat diperlukan selain untuk menambah daya tarik pembaca, juga untuk memberikan keterangan atau penjelasan visual mengenai informasi dari suatu artikel pada sebuah blog. Kenyataannya, banyak blogger yang tidak menempatkan foto atau image pada artikel yang justru memerlukan foto sebagai penjelasan tambahan atau identitas artikel yang bersangkutan.

Di antara mereka beralasan karena tidak memiliki foto yang relefan dengan artikel yang diposting. Bukan berarti mereka tidak menemukan foto yang cocok di internet tetapi mereka justru menghargai hak cipta dan hasil karya para photographer dengan cara membeli foto tersebut langsung dari photographer atau pada situs-situ penyedia foto. Permasalahannya foto-foto  yang berlinsensi tersebut harganya cukup mahal walaupun ada pula yang harganya relatif murah tetapi terkadang yang murah itu tidak cocok untuk diposting sebagai penambah informasi karena  tidak relefan. Sebagai solusinya mereka mencari foto gratis pada berbagai situs penyedia agar foto yang yang mereka butuhkan sesuai dengan isi artikel yang diposting.

Di bawah ini saya informasikan situs-situs penyedia foto gratis yang berkualitas dengan berbagai kategori foto yang bisa anda cari. Foto-foto gratis tersebut merupakan hasil karya para photographer senior yang tidak kalah kualitasnya dengan foto atau image yang berbayar. Foto-foto tersebut sengaja diambil dan dipublish sebagai realisasi dari salah satu hobi mereka. Kenyaatan ini membuktikan bahwa tidak semua master photographer "mata duitan", banyak pula diantara mereka yang senang membagikan dan menyebarluaskan hasil karya mereka. Dengan cara ini, reputasi photographer yang bersangkutan akan semakin baik dan semakin dikenal.

Foto-foto gratis tersebut mereka publish melalui website mereka sendiri atau melalui situs-situs penyedia foto gratis (image gratis), tetapi di antara situs-situs penyedia foto gratis tersebut memberikan beberapa persyaratan untuk mendapatkan foto secara gratis yang mereka tulis melalui  TOS (Term of Service atau Term of Use) pada situs mereka. Persyaratan tersebut berbeda-beda sesuai dengan kesepakatan antara pemilik situs, distributor, dan photographer.

Berikut saya tulis beberapa persyaratan yang berasal dari berbagai situs penyedia foto gratis yang telah saya ringkas  di antaranya :
  1. Foto dapat di-download 100% Free sehingga kita bisa langsung mendowlnoad foto gratis tersebut kemudian kita upload pada blog sesuai kebutuhan. Adapaun penempatan link balik sebagai tanda kredit kepada mereka terserah kita atau hanya opsional yang tidak mengikat.
  2. Foto hanya bisa diambil atau ditampilkan dengan cara menyisipkan (embed) kode yang mereka berikan untuk ditempatkan pada situs kita sehingga tidak akan mengurangi kapasitas bandwidth karena file foto tersebut terletak pada server penyedia image gratis tersebut. Ukuran dari foto tersebut ditentukan oleh penyedia dengan beberapa opsi.
  3. Sign Up dulu untuk mendapatkan foto gratis.
  4. Harus menjadi  Fan pada Facebook untuk mendapatkan foto atau image gratis.
  5. Tidak boleh diperlual-belikan, didistribusikan kembali, atau diclaim sebagi pemilik tanpa izin mereka.
  6. Gratis selama tidak disimpan pada situs yang berbau  pornography, kebencian, penghinaan ras, atau tindakan lain yang melanggar hukum.
  7. Foto gratis boleh langsung didownload tetapi tdak boleh menghilangkan tanda air (watermark) dari situs penyedia.
  8. Untuk mendapatkan foto gratis, pengguna diwajibkan mengikuti forum yang mereka syaratkan.
  9. Foto gratis bisa langsung didownload tetapi harus menyimpan link mereka sebagai tanda apresiasi.
  10. Foto gratis hanya bisa didownload satu buah perhari tetapi bisa diupgrade menjadi lima buah foto perhari setelah menjadi Fan atau daftar sebagai anggota forum.
Lebih jelasnya silahkan baca pada TOS masing-masing situs penyedia foto gratis (image Gratis).

Berikut adalah beberapa URL situs-situs penyedia foto gratis. ilahkan copy alamat URL dibawah kemudian paste pada broeser anda.
  1. http://www.freestockimages.net/resource-list
  2. http://www.pdphoto.org/Links.php
  3. http://www.jvega.com/publicdomainimages.html
  4. http://www.everystockphoto.com
  5. http://www.stockvault.net/
  6. http://www.freedigitalphotos.net
  7. http://www.picapp.com/
  8. http://www.photoxpress.com/
  9. http://www.sxc.hu/
  10. http://www.unprofound.com/
  11. http://www.pixelperfectdigital.com/free_stock_photos/
  12. http://www.imageafter.com/
  13. http://freestockphotos.com/
  14. http://www.cepolina.com/freephoto/
  15. http://www.freepixels.com/
  16. http://www.freeimages.co.uk/
  17. http://www.freefoto.com/index.jsp