Thursday, March 21, 2013

FeedBurner Anda Menjadi Nol?

Feedburner menjadi nol
Angka di Feedburner blog Anda menjadi Nol? Mengapa Feedburner menjadi Nol?

Pertanyaan tersebut mungkin terlintas di pikiran Anda saat ini seperti halnya saya karena beberapa jam yang lalu angka di Chicklet Feed blog Link Sukses menjadi Nol. Angka yang tertera pada Feedburner seperti pada tombol Feddburner atau Chicklet Feed adalah jumlah rata-rata pelanggan RSS dan Email.

Nilai Feedburner menjadi Nol bisa disebabkan tidak adanya pelanggan karena situs tersebut baru dibangun, seluruh pelanggan (subscriber) berhenti belangganan sekaligus dalam waktu yang sama, karena kesalahan sistem pada Feedburner itu sendiri, atau karena dinonaktifkan oleh Admin.

Penyebab pertama dapat dengan mudah dipahami karena situsnya baru dibangun, jangankan pelanggan, pengujung saja "belum ada". Penyebab ketiga tentu sangat logis karena secanggih apapun suatu program jika terjadi error maka akan terjadi kesalahan proses yang berakibat pada kesalahan output. Lantas bagaimana dengan penyebab kedua dimana ratusan bahkan ribuan pelanggan sekaligus berhenti berlangganan dalam waktu yang besamaan. Jika angka di Feedburner menjadi nol kemungkinan besar karena dinonaktifkan oleh Admin. Kalau disebabkan oleh kesalahan sistem yang nota bene milik perusahaan besar Google rasanya tidak mungkin karena sudah berjalan normal selama bertahun-tahun.

Nilai Feedburnoer Nol

Alasan orang banyak memasang Feedburner karena selain gratis sebagai fasilitas bagi pengunjung untuk berlangganan, juga sebagai indikator bagi author terhadap kualitas konten yang dipublikasikan. Namun demikian, kenyataanya justru bisa berakibat negatif terhadap situs lain yang dianggap kurang bekualias jika memiliki sedikit pelanggan. Dalam kasus ini banyak pembaca yang bengurungkan niatnya untuk berlangganan karena alasan ini (jumlah pelanggan masih sedikit).

Bagaimana solusinya?
Kita tidak bisa melakukan apa pun untuk dapat menyelesaikan error pada Feedburner kecuali mungkin dengan cara menghubungi pengelola Feddburner. Saya pikir, untuk sementara Anda dapat menghapus widget Feedburner dari situs Anda dengan tetap melakukan pengecekan rutin pada Dashboard Feedburner. Jika suatu saat angka tersebut sudah kembali normal, maka Anda dapat memasang kembali Widget Feedburner tersebut. Cara lain adalah dengan menggunakan alternatif Feed burner tetapi kebanyakan harus berbayar seperti Aweber ($19/bulan), Feedcat (gratis), FeedBlitz ($1,49/bulan), Feedity ($6/bulan), Mad Mimi ($13/bulan), dan yang lainnya.

Anda mengalami hal serupa (Feedburner Anda menjadi Nol?) Menurut Anda kira-kira apa penyebabnya?