Friday, June 11, 2010

Verifikasi Blog Pada Alexa

Tutorial sebelumnya sudah saya jelaskan mengenai cara verifikasi blog/ website pada tiga search engine terbesar yaitu verifikasi pada Google, verifikasi pada MSN, dan verifikasi pada Yahoo. Kini saatnya saya jelaskan cara verifikasi blog/ website pada Alexa (sesuai permintaan dua orang pengunjung Link Sukses.  Tutorial ini saya sajikan khusus buat teman-teman pemula. Walaupun sudah sangat basi, mudah-mudahna bermanfaat setidaknya buat mereka berdua.

Langkah-langkah verifikasi di Alexa :

  1. Login ke Alexa.com (kalau belum memiliki account Alexa, silahkan daftar dulu).
  2. Pilih menu For Site Owner kemudian click Claim Your Site.

    Verifikasi pada Alexa


  3. Tulis nama blog yang akan diverifikasi misalnya "http://www.linksukses.com" atau "http://www.blog-anda.blogspot.com" kemudian click Claim your site.

    Verifikasi pada Alexa


  4. Pilih salah satu metode untuk verifikasi, dengan upload filetext ke tempat hosting blog/ website tersebut atau dengan menyisipkan meta tag pada HTML. Untuk blog yang menggunakan platform Blogspot, gunakan cara kedua.

    Verifikasi pada Alexa


  5. Copy kode tersebut kemudian paste pada pada bagian HTML di antara <head> dan </head>. Caranya, login ke blogspot.com, pilih tab Design, Tata Letak, atau Layout kemudian click Edir HTML. Window Alexa jangan dulu ditutup.

    Verifikasi pada Alexa


  6. Click Save Template.
  7. Buka lagi Alexa (yang tadi belum ditutup) lanjutkan dengan meng-click Verify my meta tag. Jika verifikasi berhasil, maka akan tampil seperti gambar di bawah.

    Verifikasi pada Alexa


  8. Setelah blog/ website diverifikasi, Anda juga dapat melakukan pengeditan listing blog dengan meng-click Edit Site Info, silahkan lengkapi form mengenai blog Anda misalnya title, description dan lain-lain.
  9. Selesai.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.