Thursday, June 24, 2010

Cara Menulis Yang Menarik

Sobat-sobat pasti tahu betapa pentingnya bahasa tulisan dalam menyampaikan sebuah informasi melalui posting di blog. Sebagus dan semenarik apapun sebuah ide, kalau disampaikan dengan kalimat yang kurang baik, tentu tidak akan efektif sehingga kemungkinan besar pesan pun  tidak akan tersampaikan secara maksimal.

Setiap penulis dengan ciri khas tersendiri tentu mempunyai metode yang berbeda untuk menyempurnakan tulisannya, salah satunya adalah membenahi dan menyempurnakan gaya bahasa.

Saya sendiri banyak menyontek cara penulisan dari sobat-sobat saya pada blogroll (Blog Motivator) pada sidebar kanan, tetapi kali ini yang tidak kalah pentingnya adalah "petuah-petuah" yang disampaikan oleh Mas Darin melalui email. meskipun saya jarang memberikan komentar, tetapi saya adalah salah satu penggemar tulisan Mas Darin yang pada awalnya saya tahu blog Indonesianer dari Mas Anis (jabarview.com).

Di bawah ini adalah salah satu cara yang disampaikan sahabat senior saya, Mas Darin, agar tulisan yang disajikan pada sebuah posting lebih menarik dan enak dibaca.

Penulis : Dendy Darin
Blog : indonesianer.blogspot.com

Dendy 
Darin
Halo Blogger Indonesia!
Sebetulnya tidak ada hal yang istimewa dari tulisan-tulisan saya, karena saya menyadari saya masih belajar dan kadang itu tergantung mood. Mengenai tata bahasa, saya hanya menekankan pada kenyamanan dalam pengucapan. Jadi saya sering menambahkan sendiri kata-kata dan tanda baca (koma) agar sebuah kalimat bisa mengalir dan enak diucapkan. Tapi yah, kadang hasilnya bagus, kadang gagal. *banyak gagalnya hehe*

Itu satu. Yang kedua, saya mengusahakan pada saat deskripsi, saya menggunakan tiga keterangan. Misalnya: Budi sangat suka strawberry dari kulkas, yang manis, dingin dan menyegarkan. Kata manis, dingin dan menyegarkan adalah keterangan yang bisa dikembangkan. Tetapi tetap harus tiga, itu menurut saya. Karena kalau hanya dua, kurang, kalau empat, sepertinya terlalu banyak :)

Ketiga, membaca buku dan blog bagus. Kayaknya tips ini sudah populer banget ya. Tapi memang ini bahan bakar terbaik untuk mengasah kemampuan menulis. Memang tiap blogger punya gaya sendiri-sendiri dan kita hanya mencuri apa yang bisa kita terapkan pada gaya menulis kita. Jadi ngga semata kita take it for granted.

Contohnya, untuk hal irama artikel, saya suka blognya Agus Siswoyo. Untuk bahasa Inggris, saya demen blognya Vany. Dan untuk spontanitas, saya salut ma Raditya Dika. Those're just example :) Kesemua unsur itu saya pake dalam gaya menulis saya sendiri, dan itu (lagi-lagi) kadang bagus, kadang pula gagal...

So, begitu saja penjelasan singkat untuk membuat tulisan menarik dan enak dibaca. Maaf kalau kurang menggigit karena ya saya rasa saya bukan orang yang tepat untuk menjelaskan hal ini :) Selain bukan penulis beneran, saya juga blogger yang cuma angin-anginan. Saran saya, coba hubungi blogger-blogger yang kita anggap bagus juga, supaya perspektif bertambah. Percaya deh, saya juga pernah mengalami masalah ini pada awal-awal ngeblog :)

Intinya, mari kita sama-sama belajar, oks? :)

---------------------------------------------

Informasi lain mengenai cara menulis bisa dilihat pada artikel di bawah:
  1. 5 Tips mudah menulis artikel
  2. Membaca kreatif untuk kreatif menulis
Rekan-rekan punya metode lain?