Monday, July 13, 2009

Google Adsense

Google AdsenseKetika melakukan pencarian melalui Google search Engine dengan kata kunci (keyword) tertentu kadangkala kita melihat sejumlah iklan baris di sebelah kanan. Itulah tampilan situs yang menggunakan Google adword dimana pengiklan diharuskan membayar dengan jumlah tertentu kepada Google untuk menapilkan situs mereka dengan keyword tertentu. Metode ini sangat baik dan ampuh untuk mempromosikan situs kepada pengunjung yang tertarget karena iklan yang tampil akan sesuai dengan kata kunci (keyword) yang dibeli atau dalam hal ini ditulis pada search engine oleh user internet.

Sebagai contoh apabila kita mencari komputer di Google search Engine dengan mengetikan kata "komputer", maka iklan yang muncul juga akan relevan dengan komputer termasuk adword. Para pengiklan berkompetisi didalam memilih keyword yang mereka bidik, semakin tinggi pembayaran dalam berkompetisi maka peringkat iklan tersebut akan tinggi pula.

Adsense sendiri merupakan extensi dari program Adword yang berfungsi sebagai media follow up pemasang iklan dengan sistem saling menguntungkan dan bagi hasil. Pemilik situs akan mendapat kesempatan menempatkan iklan adword dengan kata kunci (keyword) yang sesuai dan telah mereka bayar dengan sisten pay per click (PPC) dimana pengiklan membayar kepada Google setiap kali pengunjung meng-click iklan mereka.

Sebagai member Google Adsense siapa saja bisa menempatkan kode javascript dari Google (tidak boleh dirubah atau diotak-atik) kemudian kode tersebut disimpan di blog atau website member Google Adsense dengan format tertentu yang telah dipilih. Setelah dipublish maka kode tersebut akan tampil berupa iklan sesuai dengan format Google Adsense yang telah dipilih sebelumnya termasuk ukuran dan warna. Iklan Google Adsense tersebut akan berisi title dan deskripsi serta alamat situs pengiklan yang disesuaikan dengan isi atau content website member Google Adsense.

Keutungan akan dibagi secara adil :

  1. Member Google Adsense yang memasang iklan adsense (ads by Google) dengan menempatkan kode Java script dari Google pada situs mereka, akan mendapatkan imbalan dollar dari Google dengan jumlah tertentu setiap kali ada pengunjung dengan unik IP yang melakukan Click pada iklan (ads by Google) tersebut.
  2. Google sendiri mendapat imbalan dari si pemasang iklan setiap kali iklan tersebut di-click oleh pengunjung pada situs-situs yang menampilkan iklan mereka (biasanya mereka tidak tahu pada situs mana saja iklan mereka tampil) tetapi yang jelas iklan mereka akan disesuaikan dengan isi atau content situs member Google Adsense.
  3. Keuntungan yang akan diperoleh dari pemasang iklan adalah traffik pada situs mereka akan meningkat dan tentu saja memungkinkan produk mereka untuk lebih dikenal bahkan akan terjadi transaksi-transaksi bisnis sesuai situs pengiklan.
Dengan kecanggihan dan Teknologi Informasi, Google dapat menyesuaikan iklan atau situs mereka sehingga akan ditempatkan pada content yang sesuai, hail ini berbeda sekali edngan ads iklan layanan milik Indonesia, apapun isi situs atau content membernya, iklan yang tampul kebanyakan mengenai bisnis internet atau dengan kata lain tidak ada hubungannya sama sekali.

Dengan teknologi tersebut juga Google dapat mengantisipasi apabila para member Google Adsense melakukan Click iklan pada situs sendiri dengan alasan apapun, akibatnya member tersebut akan di ban oleh Google. Ingat sekali di ban oleh Google sangat sulit untuk mengikuti program Google Adsense selanjutnya.

Penting bagi kita apabila tertarik untuk mengikuti program Google Adsense maka jangan sekali-kali melakukan click pada iklan Google yang terpasang pada situs sendiri karena kita akan kehilangan salah satu peluang besar untuk menghasilkan uang melalui internet.

Untuk memperoleh penghasilan yang besar tentu saja harus banyak yang meng-click iklan Google pada situs kita dan hal itu tentu saja harus banyak pengunjung yang mampir dan membuka situs kita. Supaya situs kita banyak pengunjung berarti situs kita harus terkenal terlebih dahulu dan mudah untuk dicari. Berbagai informasi trik dan tip untuk meningkatkan traffic pada suatu website atau blog banyak dibahas dan kita bisa mencarinya melalui search engine.

Untuk menjadi member Google Adsense agar  menempatkan iklan dari Google juga harus memenuhi segala persyaratan Google. Semua TOS (Term of Servise) Goolge dapat Anda lihat pada halaman tersebut dan kita harus mentaati aturan tersebut. Bahasa yang digunakan juga menjadi salah satu syarat untuk bisa menampilkan Google Adsense for Content (sementara ini bahasa Indonesia belum support), Situs berbahasa Indonesia untuk sementara ini hanay bisa menampilkan Adsense for Search.

Informasi penting lainnya mengenai Google Adsense dan Bidvertiser dapat anda lihat pada postingan lain. Selamat mencoba semoga anda menjadi member Google Adsense yang taat aturan dan sukses.

Semoga bermanfaat.