Thursday, March 11, 2010

Cara Menghapus Komentar

Form Komentar (Comment Form) berfungsi sebagai media interaksi antara blogger dan pembaca atau pengunjung walaupun pembaca itu sendiri bisa saja seorang blogger pula. Isi komentar tersebut bermacam-macam tergantung pengunjung yang menulis komentar tersebut diantaranya bisa mengomentari atau memberikan tambahan informasi pada sebuah postingan, bertanya mengenai hal yang berhubungan dengan artikel yang dibaca, memberikan kritik dan saran positif, ucapan terima kasih, dan sebagainya.

Seorang blogger yang blognya dikomentari akan mengambil manfaat dari sebuah komentar baik dari segi isi komentar ataupun dari jumlah komentar untuk perbaikan blognya, sedangkan seorang blogger yang memberi komentar akan mengambil manfaat dengan cara menyimpan jejak pada kolom kometar tersebut sebagai signature, apalagi blog yang dikomentari mempunyai traffic yang bagus.

Kenyataannya, tidak semua komentar yang ditulis bermanfaat bagi pemilik blog (author) bahkan bisa saja komentar tersebut merugikan seperti komentar yang berisi spam (comment spam), komentar yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan artikel yang dikomentari, komentar yang berisi penghinaan, permusuhan dan sebagainya.

Dalam situasi seperti ini biasanya pemilik blog akan menghapus atau setidaknya mengedit komentar yang tidak layak tersebut. Cara menghapus komentar tersebut bervariasi tergantung dari CMS yang digunakan pada saat membuat blog.
Di bawah ini akan saya jelaskan cara menghapus komentar pada Blogspot.com dan Wordpress.com :

Cara menghapus komentar pada blogspot :

  1. Login ke blogger.com dengan username dan password Anda.
  2. Pada Dashboard, click "Edit Post".
  3. Click View (disebelah) Edit pada postingan yang akan dihapus komentarnya. Setelah tampil postingan beserta semua komentarnya, click pada gambar tong sampah (lihat tanda panah merah) pada komentar yang akan dihapus.

    Belajar Blog

  4. Click hapus, agar penghapusan permanen, tandai (check list) "Hapus selamanya?"

    Belajar Blog

  5. Selesai.


Cara menghapus komentar pada Wordpress :
  1. Login ke Wordpress dengan username dan password Anda.
  2. Pada halaman Dashboard, click comment.

    Belajar Blog

  3. Tentukan kometar yang akan di hapus, kemudian click Trash.

    Belajar Blog

  4. Click Trash disamping kanan Spam.

    Belajar Blog

  5. Click Delete Pemanently agar komentar terhapus selamanya.

    Belajar Blog

  6. Selesai. Semoga bermanfaat.