Friday, June 29, 2018

Ilusi Benda Bisa Jatuh Ke Atas

Semua benda yang memiliki berat kalau dijatuhkan tentu akan turun ke bawah, dan ini sesuai dengan hukum gravitasi. Bagaimana dengan benda-benda yang terlihat pada video di bawah seperti uang logam, battery, solasi, botol kaleng, bahkan air?

Setiap benda yang disebutkan tadi kok bisa jatuh dan bergulung naik ke atas bukannya ke bawah? Kok bisa melawan gravitasi? Ini fakta atau sekedar trik dan tipuan mata? Real atau Ilusi? Sebelum saya jelaskan, silakan saksikan dulu video berikut, kalau perlu Like, Share, dan Subscribe.



Sebenarnya ini bukan real tetapi memang merupakan ilusi dan tipuan mata yang sengaja dibuat dan direncanakan. Caranya sangat mudah, semua benda yang ada di ruangan tersebut harus diseting miring. Yang harus diperhatikan adalah sudut kemiringan dimana semua benda yang akan direkam harus diposisikan dan diatur dalam kemiringan yang sama supaya hasilnya sempurna.

Setelah semua benda diatur miring, kini saatnya merekan video tersebut dengan catatan kamera yang digunakan untuk merekan video tersebut juga harus miring dengan sudut yang sama.

Coba Anda perhatikan lagi video di atas. Seolah benda jatuh dan naik ke atas, padahal sebenarnya itu memang jatuh ke bawah, hanya saja meja dan kakinya sudah dirancang panjang sebelah supaya miring. Karena kamera juga diseting miring, maka pada saat di-play semua benda yang terekam kamera terlihat tidak miring.

Ok, selamat mencoba.
Semoga bermanfaat.