Saturday, June 23, 2018

DIY Pompa Air Mini dari Pipa PVC menggunaan Battery 9 Volt

Sahabat pecinta akuarium dan ikan hias tentunya paham betul bahwa eksistensi pompa sangat penting untuk sirkulasi air sekaligus filter akuarium agar air tempat ikan-ikan selalu bersih dan bening. Pompa dan filter akuarium sendiri sangat mudah diperoleh di toko-toko akuarium dan aquascape dengan berbagai model, ukuran, dan kualitas.

Di posting ini saya akan berbagi cara membuat pompa air alternatif dari pipa PVC menggunakan battery 9 Volt. Agar bisa bertahan lama dan bisa bekerja terus-menerus maka battery 9 Volt bisa diganti dengan adaptor (power supply DC 9 Volt).

Pompa air ini sangat sederhana namum bisa bekerja dengan baik. Dua buah baling-baling di dalam pipa yang dipasang berurutan bisa mengangkat air sampai di atas permukaan. Silakan lihat di video !



Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya:
  1. Pipa PVC berukuran 1/2" atau bisa disesuaikan kebutuhan
  2. Sambungan pipa lurus, sambungan T dan sambungan siku (L)
  3. Battery 9 Volt
  4. Lem bakar (lem tembak)
  5. Solder
  6. Saklar (switch)
  7. Kabel
  8. Timah
  9. Klem selang akuarium
  10. Tie rap (cable tie)
  11. Motor DC 6-12 Volt
  12. Kawat
  13. Botol platik bekas
Peralatan yang dibutuhkan:
  1. Solder
  2. Gergaji besi
  3. Pisau Cutter
  4. Gunting
  5. Glue Gun
  6. Tang Pemotong
Kipas yang disimpan di dalam pipa PVC dipasang pada kawat yang telah diluruskan yang tersambung pada motor DC agar bisa berputar saat dijalankan. Kipas tersebut terbuat dari plastik bekas minuman Sprite yang dibentuk baling-baling sederhana.

Ketika saklar ditekan maka motor DC akan berputar sehingga kedua baling-baling (kipas) di dalam pipa berputar. Akibatnya air akan naik sampai sambungan T dan airpun mengalir pada sambungan tersebut.

Jika akan digunakan sebagai filter, sahabat bisa menambahkan saringan pada output pipa tempat keluaran air dari akuarium.

Lebih jelas cara membuatnya, silakan simak videonya.
Selamat mencoba, selamat berkreasi dan semoga bermanfaat!