Tuesday, September 6, 2011

Animasi Tombol Menu Dengan CSS

Tombol Menu
Berbeda dengan menu animasi dengan css (posting sebelumnya) dimana seluruh menu berada pada kotak yang sama, tutorial singkat kali ini mengenai Animasi Tombol Menu dengan CSS dimana setiap menu berada pada kotak yang berbeda dengan masing-masing animasi.

Tombol menu yang dibuat tidak menggunakan gambar tetapi dengan kode CSS yang saya beri nama mode-miring, mode-depan, dan mode-pindah. Mode-miring: tombol menu akan berputar sedikit dan warna latar berubah dari orange menjadi kuning, mode-depan: warna latar tombol menu akan berubah dari orange menjadi kuning, mode-pindah: tombol menu akan bergeser ke kanan dan warna latar berubah dari orange menjadi kuning. Perubahan tersebut akan terlihat saat hover (pointer mouse didekatkan).

Tombol menu ini sudah saya coba pada browser internet Mozilla Firefox dan Google Chrome terbaru. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Login ke Blogger
  2. Back-up tempate blog untuk cadangan kalau terjadi error 
  3. Salin kode CSS di bawah kemudian simpan bersama-sama dengan kode CSS yang lain, pada Blogspot biasanya disimpan di atas kode ]]></b:skin (kode <style type="text/css> dan </style>)  di bawah dihapus (tidak perlu dikopikan). Kode CSS tersebut dapat juga disimpan di bagian Widget blog dengan cara Add Gadgate, atau diletakan pada posting pada mode HTML (bukan pada mode Compose). Untuk kedua opsi terakhir kode <style type="text/css> dan </style> harus ikut dikopikan.
  4. Salin kode HTML di bawah dan tempatkan sesuai kebutuhan, misalnya pada widget atau pada posting.
  5. Ganti MENU-1, MENU-2, MENU-3, MENU-4, dan MENU-5 beserta URL masing-masing sesuai link yang besangkutan
  6. Simpan dan publikasikan/ terbitkan.

Kode CSS mode-miring, mode-depan, dan mode-pindah


Kode HTML


Hasilnya akan seperti di bawah:
Mode Miring


Mode Depan


Mode Pindah


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!