Wednesday, March 30, 2011

Menambahkan Efek Hover pada Elemen-elemen HTML dengan CSS

hover merupakan salah satu pseudo-classes dalam CSS yang berfungsi untuk memberikan tampilan (style) tertentu pada selector. Efek akan tampak pada saat mouse diletakkan tepat di atas elemen HTML tertentu. Sekarang coba Anda simpan mouse tepat di atas judul posting ini! Apa yang terjadi? Judul posting yang awalnya berwarna biru berubah menjadi merah tua dengan diberi sedikit efek bayangan (text-shadow) serta warna abu sebagai latar. Perubahan ini dihasilkan dengan menggunakan efek hover ini. Selain hover, dalam CSS juga dikenal pseudo-classes lainnya, yakni visited, active dan focus (penjelasan ketiganya, insya Allah akan saya paparkan pada posting selanjutnya).

Pada umumnya efek hover ini digunakan pada elemen gambar atau tautan seperti yang telah saya bahas pada posting yang lain dari blog ini. Padahal sebagai efek tambahan bagi selector, efek ini bisa kita gunakan pula pada elemen-elemen HTML lainnya seperti pada elemen paragraf, textarea, input, blockquote, atau div, jadi bukan semata-mata digunakan pada gambar atau tautan.

Berikut adalah sintaks penulisannya:
selector:hover{}
Jika Anda misalnya akan membuat efek hover pada elemen paragraf, maka tambahkanlah kode berikut pada file CSS Anda:

/*CSS Document*/
p:hover{
background:#ffffcc;
color:#000;}
Untuk memberikan efek hover pada elemen blockquote, tambahkanlah kode berikut pada file CSS Anda:
/*CSS Document*/
blockquote:hover{
background:#ffffcc;
color:#000;}
Begitu seterusnya. Sekarang coba Anda gunakan efek hover ini pada elemen-elemen lainnya. Semoga bermanfaat! :)

NB: Mohon maaf, untuk saat ini saya belum bisa menyajikan contoh-contohnya. Silahkan Anda coba sendiri dan lihat hasilnya. Bila ada pertanyaan, jangan sungkan memberitahukannya pada saya.