Sunday, February 7, 2010

Blogger Dan Valentine's Day

Logo Valentine
Untuk menyambut kedatangan hari Valentine yang dirayakan setiap tanggal 14 Februari, banyak kalangan yang sengaja membuat event khusus seperti halnya merayakan hari spesial lain walaupun tidak semeriah perayaan Natal dan Tahun baru.

Di antara mereka ada yang sekedar saling mengirim surat sesama teman dan pasangan mereka dengan slogan Valentine atau Happy Valentine, menyempatkan diri dan berlibur untuk sekedar merayakan hari tersebut, bahkan ada perusahaan di negara tertentu yang sengaja meliburkan karyawannya untuk memberi kebebasan kepada mereka untuk merayakan hari Valentine bersama teman dan keluarga mereka.

Menjelang hari Valentine (sampai seminggu sesudahnya) banyak Televisi swasta yang menampilkan acara atau film tentang hari Valentine sebagai program spesial di hari itu. "Di Amerika Serikat hari raya ini lalu diasosiasikan dengan ucapan umum cinta platonik "Happy Valentine's", yang bisa diucapkan oleh pria kepada teman wanita mereka, ataupun, teman pria kepada teman prianya dan teman wanita kepada teman wanitanya. Sementara sebagian orang menganggap hari Valentine sebagai momen yang paling sulit, penuh tekanan sekaligus dangkal karena semakin panjang periode sebuah hubungan cinta, semakin besar tekanan yang pasangan itu alami karena menipisnya ide-ide orisinal" (Wikipedia).

Lalu apa action blogger untuk menyambut dan merayakan hari Valentine tersebut?.  Banyak diantara blogger menyambut kedatangan hari Valentine dengan saling mengirim Happy Valentine ECard, meninggalkan kesibukam dan untuk sesaat ber-chatting ria diberbagai social network seperti Facebook, Twitter, Yahoo Massenger, dan lainlain dengan tema dan pasangan mereka, adapula blogger yang justru sebaliknya, mereka membuat artikel khusus mengenai Hari Valentine sebagai salah satu postingan.

Para blogger yang sengaja membuat artikel mengenai hari Valentine tentu bukan tanpa alasan. Mereka (termasuk saya) berharaf akan ada pengunjung yang membutuhkan artikel mengenai hari Valentine atau dengan kata lain akan banyak orang yang mencari keyword Hari Valentine pada search Engine dan diharapkan blog mereka akan muncul pada saat pencarian tersebut, dengan demikian kemungkinan artikel yang lain pada blog tersebut akan pula dibaca oleh pengunjung termasuk advertisment (iklan).

Memang sudah menjadi kebiasaan bahwa seorang blogger akan membuat satu artikel yang berhubungan dengan berita aktual, sebagi contoh : para blogger banyak yang sengaja membuat artikel mengenai Prita Mulyasari pada saat kasus Prita mencuat ke permukaan, atau artikel mengenai Luna Maya saat berita perselisihan antara Luna Maya dan infotainment banyak diberitakan.

Para blogger mengemas artikel aktual tersebut dengan berbagai cara dan metode untuk menarik simpati para pembaca yang tentu saja akan disesuaikan dengan konten keseluruhan blog tersebut. Contohnya seorang master Photoshop mengemas berita Luna Maya dalam pelajaran Photoshop Dasar dengan judul "Luna Maya Terbakar", kenyataannya  bukan Luna Maya yang terbakar tetapi justru memberi pelajaran Photoshop Dasar mengenai cara membuat efek kertas terbakar pada Foto Luna Maya. Contoh lain dari blog teman saya mengemas artikel mengenai Valentine's Day dengan judul "Ketika Blogger ber-Valentine".

Saya sendiri berencara akan membuat logo, symbol, atau image yang melambangkan hari Valentine sebagai salah satu tema "Photoshop Dasar" bagi pemula. Image tersebut saya sajikan secara gratis bagi teman-teman yang mungkin membutuhkan untuk disisipkan pada blog, atau sebagai file attachment saat mengirim email di hari Valentine.

Semua itu bukan berarti saya suka merayakan Valentine atau fanatik pada hari tersebut, namun sekali lagi saya hanya mengimplementasikan hobi saya melalui Blog Link Sukses dengan menulis tema yang berhubungan dengan Hari Valentine.

Bagi teman-teman yang ingin mengirim Valentine's Day ecard mungkin widget di bawah bisa membantu. Caranya mudah sekali.
  • Pilih bahasa yang cocok
  • Click "Tranlate"
  • Click "Email The I love You"
  • Tulis nama anda
  • Tulis email tujuan
  • Click "Send"
  • Selesai