Monday, January 25, 2010

Cara Daftar Twitter

Twitter seperti halnya Facebook merupakan salah satu situs social networking yang memiliki fasilitas untuk mengirim pesan singkat sebanyak 140 karakter (update posting) yang hanya akan bisa terbaca oleh friend dalam hal ini disebut follower. Walaupun tidak sekomplek Facebook, namun justru karena simplenya, pengguna Twitter terus meningkat termasuk pengguna di Indonesia walaupun pengguna Twitter di Indonesia tidak sebanyak pengguna Facebook.

Pada Twitter, seorang yang menjadi pengikut kita disebut follower sedangkan seseorag yang kita ikuti disebut following. Kita akan mendapat pesan singkat setiap kali following mengupdate posting singkat, dan sebaliknya follower akan mendapat pesan singkat (Tweet) setiap kali kita melakukan update post.  Sesuai dengan artinya Tweet (berkicau), setiap kicauan kita akan didengar oleh follower.

Dengan Twitter kita bisa saling berbagi informasi tanpa melalui ponsel atau email walaupun sebenarnya twitter sekarang dapat diakses melalui ponsel atau perangkat sejenisnya, disamping itu kita juga bisa bergabung di dalam komunitas yang cukup besar dengan info-info yang menarik dan uptodate.

Seorang blogger biasanya menginformasikan update terbaru yang diposting pada blognya melalui pesan singkat (tweet) pada situs Twitter dengan menulis URL singkat. Kalau penulisan URL terlalu panjang, seorang blogger akan mempersingkatnya dengan situs layanan seperti tinyurl.com, pada situs ini URL yang panjang bisa dipersingkat.
Bagi teman teman pemula yang ingin bergabung dengan Twitter, berikut ini saya jelaskan step by step cara daftar twitter.

  • Buka situs twitter.com kemudian click "Sign Up".
  • Isilah form pendaftaran Twitter dengan data-data yang diperlukan yaitu Nama Lengkap, Username, Password (minimal 6 karakter unik), Email aktif, dan kode verifikasi. Setelah itu click "Create my account".
  • Step 1. sudah selesai, click "Next Step" untuk langkah selanjutnya.
  • Pada step ini anda bisa langsung mencari teman untuk diikuti (following) setelah anda memasukan email atau username dan password yang tadi telah dibuat atau bisa langsung menuju langkah selanjutnya dengan meng-click "Next Step".
  • Pada step terakhir ini anda bisa mencari sumber yang anda sukai, atau langsung click "Next Step".
  • Pendaftaran Twitter Selesai. Anda bisa mulai menulis pesan singkat pada kotak kecil di bawah sampai 140 karakter, tetapi sebaiknya mencari teman dulu untuk untuk diikuti (following). Biasanya nanti akan merespon balik dan menjadi follower.