Thursday, January 19, 2012

Kolom Komentar Telah Dibuka

Pencil dan Kertas
Banyak sekali pesan masuk ke inbox email saya yang isinya hampir serupa yaitu mengenai kolom komentar yang tidak disediakan di Link Sukses dan mereka menyarankan agar kotak komentar disedikanan kembali sebagai ruang sederhana untuk sekedar tanya jawab atau saran dan kritik.

Kenapa kolom komentar dihilangkan (disembunyikan)?
Saya sama sekali tidak bermaksud memblokir para pengunjung untuk memberikan komentar, saya pun tidak bermaksud untuk sengaja mengabaikan setiap komentar masuk sekalipun pedas tetapi lebih kepada alasan teknis yang tidak perlu dibahas diposting ini. Tanpa kolom komentar pun saya sering berdiskusi melalui email, dan memang sebelumnya pun kebanyakan pesan yang cukup panjang dikirim melalui email (bukan melalui kolom komentar).

Manfaat Kolom Komentar
  1. Secara tidak langsung setiap komentar yang masuk dari siapapun akan memperkaya konten blog dan merurut pengalaman saya hal ini dapat menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan trafik pengunjung (cmiiw).
  2. Dapat mempererat jalinan teman antar pengunjung dan author dan antara pengunjung dengan pengunjung lainnya.
  3. Pengunjung dapat berdiskusi dengan pengunjung lain untuk mendapatkan informasi yang mungkin saja tidak tersedia atau kurang lengkap di blog yang bersangkutan karena permasalahan yang ditulis melalui kolom komentar otomatis akan terbaca juga oleh pengunjung lain yang lebih tahu. Hal ini tidak bisa dilakukan melalui email yang lebih bersifat private.
  4. Pengunjung dapat membantu author blog ketika menjelaskan suatu masalah yang berhubungan dengan posting yang dalam saran, solusi, atau sekedar sharing informasi.
Melalui posting ini saya informasikan bahwa kolom komentar di Link Sukses telah dibuka kembali meskipun untuk semantara masih dimoderasi sampai batas waktu yang belum ditentukan. Saya sebagai author Link Sukses mohon maaf kepada seluruh pengunjung yang sekian lama tidak dapat menulis komentar.

Saya tunggu komentar Anda.
Salam sukses & keep blogging!