Saturday, January 21, 2012

Efek Tangan Berasap

Efek Asap
Bagi penggemar Photoshop tidaklah sulit untuk membuat berbagai efek atau mendekorasi gambar dan foto untuk menciptakan sebuah karya seni baru. Efek tersebut dapat berupa pencahayaan, warna, transparansi, efek bayangan dan efek lain yang semuanya dapat dilakukan dengan program Photoshop.

Tutorial Photoshop kali ini adalah cara membuat efek tangan berasap khusus untuk pemula atau sobat yang sedang memperlancar penguasaan Photoshop. Mohon maaf jika dalam tutorial ini ada beberapa langkah yang tidak disertai gambar penjelas karena saya anggap sobat sudah faham dan sudah familiar dengan Tool-tool dan menu Photoshop yang sudah umum khususnya pada Photoshop CS4.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat efek asap pada tangan. Sebelumnya persiapkan dulu sebuah gambar atau foto tangan. Anda dapat memotret tangan sendiri atau dapat men-download-nya di Free Photo for Your Blog. Tutorial Efek Photoshop kali menggunakan Photoshop CS4, meskipun demikian efek asap pada tangan ini masih dapat dibuat dengan Photoshop versi sebelumnya, bahkan dapat dibuat dengan Photoshop 7.
  1. Buka  program Photoshop
  2. Open file tangan yang sudah di-download tadi. Anda dapat memperlebar luas area gambar (canvas) sesuai keinginan tetapi usahakan dengan warna latar hitam agar lebih mudah (optional).
  3. Set foreground color dengan warna hitam dan background color dengan warna putih atau dengan cara menekan tombol "D" pada keyboard.
  4. Buatlah dua layer baru (Layer 1 dan Layer 2). Rename Layer 1 menjadi layer Gelap (atau apa saja untuk mempermudah) kemudian rename Layer 2 menjadi layer Asap.
  5. Ubah warna background layer Gelap menjadi hitam.

    Efek Asap Photoshop

  6. Buatlah sembarang garis lengkung warna putih pada layer Asap menggunakan Brush Tool (B) dengan beragam ukuran dan opacity. Pada tutorial ini ukuran Brush adalah (5 => opacity dan flow 100; 9 => opacity dan flow 100; dan 40 => opacity dan flow 30).

    Efek Asap Photoshop

  7. Buka menu Filter kemudian atur setingan seperti di bawah:
    Filter => Blur => Surface Blur => Radius 20 pixel dan threshold 90.
    Filter => Blur => Gaussian Blur =>Radius 2.5 pixel.
    Filter => Other => Maximum => Radius 4 pixel (dalam satu kondisi dapat juga diatur Minimum)

    Efek Asap Photoshop

  8. Untuk membuat bentuk asap (pada layer Asap),
    Filter => Distort => Wave (atur nilai-nilai yang diperlukan sesuai selera masing-masing)
    Filter => Distort => ZigZag => (Style: Around center, Amount :-19, Ridges : 2)
    Filter => Distort  => Twirl => (Angle : 50).
  9. Duplicate Layer Asap kemudian rename Asap copy menjadi Asap 2.
  10. Pada layer Asap pilih Smudge Tool untuk membentuk asap. Gunakan imajinasi sendiri untuk membuat efek asap. Pada langkah ini layer Asap 2 boleh disembunyikan (hide) agar kita fokus pada layer Asap. Nikmati langkah ini samapi terlihat seperti asap sungguhan. Setelah selesai, kurangi Opacity sampai 70%.

    Efek Asap Photoshop

  11. Sembunyikan layer Asap 1 dan tampilkan kembali layer Asap 2 agar kita fokus pada Asap 2 saja. Ulangi langkah ke-10 untuk membentuk efek asap pada layer Asap 2. 
  12. Kedua bentuk asap pada layer Asap dan layer Asap 2 masih dapat dimodifikasi dengan cara pengaturan Blur, Maximum, dan Minimum (Semua ada di menu Filter), pengaturan posisi, dan ukuran (Edit => Transform part =>Warp, Perspective, Skew, dan  opsi lain).

    Efek Asap Photoshop

  13. Sampai langkah ini sudah terdapat dua layer asap dengan bentuk, opacity, dan posisi yang berbeda. Tampilkan kedua layer (layer Asap dan layer Asap 2)  kemudian gabungkan kedua layer tersebut dengan menekan CTRL+E (posisi layer aktif harus layer teratas). CTRL+E adalah hotkey untuk menggabungkan layer aktif dengan layer di bawahnya.

    Efek Asap Photoshop

  14. Hapus atau sembunyikan layer Gelap untuk menampilkan gambar tangan (selama ini layer background/ gambar tangan terhalang layer Gelap). Kini sudah terlihat efek asap pada tangan. Simpan file project efek asap Photoshop dalam format file yang dibutuhkan. Selesai.

    Efek Asap Photoshop
Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.