PPC Indonesia Terbaik

PPC Indonesia
Kini banyak PPC Indonesia yang cukup kredibel yang dapat dimanfaatkan oleh advertiser dan publisher untuk memperoleh keuntungan. Masing-masing pengelola PPC memiliki aturan, bentuk iklan, tampilan, dan peraturan yang berbeda tetapi pada intinya sama yaitu sebagai media promosi.

Dengan banyaknya PPC Indonesia, bagi beberapa publisher mungkin sedikit membingungkan untuk memilih mana yang kira-kira cocok untuk dijadikan salah satu sarana meraup pasif income. Disini saya tidak akan mengklaim mana yang termasuk PPC Indonesia terbaik karena kriteria tersebut terkadang bersifat subjektif dan setiap orang memiliki alasan, pengalaman, dan penilaian yang berbeda.

Apabila sobat blogger pemula tertarik untuk mengikuti salah satu program PPC Indonesia, mudah-mudahan pendapat saya mengenai kelebihan dan kekurangan PPC Indonesia bagi publisher di bawah ini dapat membantu para sobat pemula untuk memilih PPC Indonesia mana yang kira-kira terbaik menurut Anda.

1. AdsenseCamp
PPC Indonesia

AdsenseCamp adalah website Adsense Indonesia yang merupakan salah satu divisi usaha dari perusahaan CV JogjaCamp yang berada di Yogyakarta. AdsenseCamp menitikberatkan pada pelayanan dengan menempatkan 3 customer support yang melayani secara online (YM, email, sms, dan telpon) ataupun offline dengan datang langsung ke kantor.

AdsenseCamp merupakan website yang memberikan kesempatan bagi Anda untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan menyediakan ruang pada website Anda sebagai tempat pemasangan iklan bagi advertiser. Disamping itu AdsenseCamp juga memberikan kesempatan kepada para Advertiser yang ingin mempromosikan iklan yang bakal disebarkan kepada pemilik website yang memiliki jaringan di AdsenseCamp.

Kelebihan AdsenseCamp:
  1. Pendaptaran gratis dan mudah.
  2. Tampilan iklan hampir sama dengan Google Adsense karena memiliki ukuran iklan yang sama dengan Google Adsense.
  3. Pengaturan ukuran iklan dan warna sangat mudah seperti halnya Google Adsense, customize warna text, background, url, dan border.
  4. Setiap perubahan ukuran dan warna, bisa terlihat langsung.
  5. Pembayaran dapat ditransfer melalui bank lokal (BCA, BNI, Mandiri), Paypal, dan Tunai.
  6. Iklan akan langsung terlihat setelah script iklan ditempatkan pada situs publisher (tanpa menunggu) jadi begitu terjadi unik click pada iklan tersebut, maka publisher akan memperoleh penghasilan.
  7. Minimum pembayaran Rp.10.000, lebih dari itu dapat diseting oleh publisher.
  8. Memiliki System Refferal.
Kekurangan AdsenseCamp:
  1. Iklan yang tampil belum tentu sesuai dengan konten situs publisher.
  2. Terkadang loading cukup berat, dan jika hal ini terjadi maka akan mempengaruhi loading situs publisher yang bersangkutan apalagi kalau script iklan disimpan di bagian paling awal dibuka misalnya sidebar kiri atau header.
  3. Tidak memiliki fitur iklan Link Unit (seperti menu)

2. KumpulBlogger
PPC Indonesia

KumpulBlogger adalah Jaringan Blogger Indonesia untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara menyediakan ruangan pada blog sebagai tempat menyampaikan pesan komersial dari Advertiser.

Target market KumpulBlogger.com adalah blogger Indonesia dan Advertiser Lokal, dimana blogger menyediakan media dan advertiser memasok pesan komersial di dalam blog-blog yang terhubung pada jaringan KumpulBlogger.com.

Kelebihan KumpulBlogger:
  1. Pendapftaran gratis dan mudah.
  2. Member cukup banyak. Sampai postingan ini ditulis member KumpulBlogger lebih dari 120.000 sehingga iklan yang tampil nantinya akan cukup beragam.
  3. Pembayaran dapat ditransfer melalui bank lokal BCA dengan jumlah minimum Rp. 10.000,-
  4. Memiliki System Referral.
  5. Memiliki script tambahan jualan buku (kutubuku.com).
Kekurangan KumpulBlogger:
  1. Pembayaran belum support Paypal.
  2. Pengaturan ukuran dan warna iklan masih terbatas.
  3. Setingan yang tampil belum tentu sama pada saaat script iklan tersebut ditampilkan oleh publisher karena terkadang dipengaruhi oleh kode HTML dan CSS pada situs yang bersangkutan. Tetapi memiliki fitur auto scroll pada iklan tertentu.
  4. Iklan yang tampil belum tentu sesuai dengan konten situs publisher.
  5. Mulai dengan 4 January 2010, script khusus untuk friendster, multiply dan wordpress ditiadakan.
  6. Tidak memiliki fitur iklan Link Unit (seperti menu).
  7. Border pada iklan tidak bisa disembunyikan.
  8. Bentuk laporan pendapatan dan statistik terlalu panjang.

3. KlikSaya
PPC Indonesia

KlikSaya adalah pasar periklanan online khusus untuk wilayah Indonesia untuk mempertemukan orang yang membutuhkan iklan (pemasang iklan) dengan orang yang menyediakan tempat untuk pemasangan iklan pada situsnya (penerbit iklan). 

Kelebihan KlikSaya:
  1. Pendaftaran gratis dan mudah.
  2. Memiliki fitur zona Iklan Teks dan Zona Iklan Gambar secara terpisah.
  3. Pengaturan ukuran iklan dan warna teks sangat mudah dan langsung terlihat.
  4. Publisher dapat memfilter situs tertentu agar tidak ditampilkan pada iklan dengan cara "Tolak Iklan".
  5. Memiliki fitur untuk memblokir IP tertentu.
  6. Semakin tinggi kualitas situs publisher di mata pasar, maka nilai per click-nya juga akan makin mahal.
  7. Pembayaran komisi dapat ditransfer ke hampir semua bank lokal di Indonesia.
Kekurangan KlikSaya:
  1. Setiap pembuatan script iklan baru, harus mengisi beberapa form sehingga sedikit lama.
  2. Iklan tidak akan tampil di situs publisher sebelum disetujui oleh Advertiser. Dengan kata lain pengiklan harus tertarik dan setuju jika iklan mereka ditampilkan pada situs publisher. Selama ini iklan yang tampil akan berupa "Pasang Iklan Di sini" dan publisher tidak akan mendapat pengkasilan dari click unik pengunjung. Jadi Publisher harus menunggu.
  3. Iklan yang tampil belum tentu sesuai dengan isi konten situs publisher.
  4. Ukuran iklan masih terbatas sehingga publisher harus pandai menyesuaikan penempatan iklan dengan ukuran yang tersedia.
  5. Komisi hanya dapat diambil jika lebih dari Rp 50.000.
  6. Pembayaran komisi belum support Paypal.
  7. Tidak memiliki fitur iklan Link Unit (seperti menu).
  8. Jika page view per bulan kurang dari 10.000, maka iklan akan dihenttikan.

4. PPCINDO
PPC Indonesia

PPCINDO yang resmi berdiri pada tanggal 6 Februari 2008 merupakan bentuk usaha jasa layanan pemasangan iklan secara online dengan tujuan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dengan biaya yang seefektif mungkin sehingga diharapkan advertiser akan medapatkan hasil yang maksimal.

PPCINDO memberikan kesempatan bagi pemilik situs maupun blog untuk bergabung ke dalam jaringan situs ppcindo sebagai publisher dengan syarat mentaati semua peraturan yang ada sehingga bisa mendapatkan keuntungan dari pemasangan iklan.

Kelebihan PPCINDO:
  1. Pendaftaran gratis dan mudah.
  2. Besarnya komisi berdasarkan Alexa Rank. Makin besar Alexa Rank akan makin besar komisi yang akan diperoleh dari setiap click unik pengunjung. Ini sangat menguntungkan publisher yang memiliki situs dengan Alexa Rank yang rendah.
  3. Pembayaran komisi dapat melaui transfer Bank BCA dan Paypal dengan batas minimum $10.
  4. Dapat memblokir situs iklan tertentu.
  5. Memiliki fitur iklan Link Unit (seperti menu)
  6. Pengaturan ukuran iklan dan warna sangat mudah dan langsung terlihat.
Kekurangan PPCINDO:
  1. Akun akan diuhapus dan pendapatan akan hangus jika publisher tidak menampilkan iklan selama 10 hari berturut-turut untuk mengantisipasi member yang hanya bermaksud sekedar coba-coba.
  2. Besarnya komisi berdasarkan Alexa Rank. Makin kecil Alexa Rank akan makin kecil komisi yang akan diperoleh dari setiap click unik pengunjung. Ini akan sedikit mengurangi komisi publisher yang memiliki situs dengan Alexa Rank yang tinggi.
  3. Iklan yang tampil belum tentu sesuai konten situs publisher tetapi dapat dipilih berdasarkan kategori.
  4. Apabila publisher salah memasukan data kategori Alexa Rank, maka iklan tidak akan disetujui dan tidak ada komisi dari setiap click unik pengunjung.

5. PanenIklan

PanenIklan adalah suatu program Pay Per Click seperti PPC Indonesia lain tetapi pengiklan dapat mengontrol penuh iklan dan pengeluaran dana pada setiap iklan. Dilengkapi fitur Anti Fraud dan proxy. PPC Indonesia ini memberikan komisi kepada publisher sampai 70%.

Kelebihan PanenIklan:
  1. Pendaftaran gratis dan mudah.
  2. Memiliki system referral.
  3. Profit untuk publisher sampai 70%
  4. Pembayaran komisi dapat melalui transfer bank lokal dan Paypal setelah mencapai batas minimal (Rp 20.000 untuk Bank BCA, Rp 50.000 untuk Bank Mandiri)
  5. Laporan Statistik cukup lengkap.
  6. Dapat memfilter iklan yang tidak diinginkan.
  7. Memiliki fitur iklan Link Unit (seperti menu).
  8. Bentuk iklan dapat menggunakan scroll.
  9. Bentuk iklan dapat berupa Iframe dan sticky (iklan melayang).
Kekurangan PanenIklan:
  1. Iklan yang tampil belum tentu sesuai dengan konten situs publisher tetapi pada script iklan dapat dirubah berdasarkan kata kunci (keyword), jika publisher memilih "default" maka akan otomatis mendeteksi meta tag keyword pada situs yang bersangkutan.
  2. Pengaturan warna teks, background, dan border iklan tidak bisa terlihat langsusng tetapi harus di-update untuk preview, hal ini akan sedikit lambat saat pengaturan.
  3. Border iklan tidak bisa dihapus atau disembunyikan.

Selain PPC Indonesia di atas, Anda juga dapat mencoba PPC Indonesia yang lain seperti ads.combes.com, ppcindonesia.net, ppcindonesia.org, tinggalklik.com, adsentra.com, adspeedy.com, dan lain-lain.

Menurut sobat kira-kira mana yang termasuk PPC Indonesia terbaik, apakah yang tercepat loadingnya, terbanyak membernya, paling beragam iklanya, atau paling besar komisinya?