Wednesday, March 10, 2010

Website Menghilang Dari Google

Apakah Anda pernah mengalami hilangya website pada Google search engine dengan kata kunci Anda?, apakah sebelumnya website Anda selalu muncul pada halaman tertentu saat pencarian dengan kata kunci Anda di Google kemudian lenyap seketika?, atau apakah posisi website Anda selalu turun naik di Google kemudian hilang begitu saja? Kalau Anda berada dalam situasi tersebut, berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab hal itu.

Apabila sebelumnya pagerank website Anda tinggi kemudian menurun, mungkin Anda akan mengalami sedikit panik dan putus asa. Hal tersebut wajar-wajar saja, saya pun pernah mengalami hal tersebut pada salah satu website saya, tetapi cobalah untuk memecahkan masalah tersebut sedikit-sedikit untuk menambah kejelian Anda atau berkonsultasi dengan para master.

Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai hilangnya website pada Google :

  1. Apabila usia website Anda cukup lama dan memiliki Pagerank tinggi, tunggu beberapa hari, rilex dan istirahat, jangan melakukan tindakan apapun pada website tersebut termasuk edit, update, dan submit. Kemungkinan besar situs website Anda kembali normal dan berada pada posisi sebelumnya.
  2. Coba gunakan metode pencarian dengan kata kunci lain yang relefan dengan website Anda. Jika keadaan masih tetap coba langkah berikutnya.
  3. Kemungkinan Google menyatakan website tersebut telah berbuat spam baik disengaja ataupun tidak seperti memasukan kata kunci yang berlebihan dan berulang-ulang pada meta keyword dan artikel, warna text sama dengan warna background, ukuran text sengaja diperkecil sampai tidak terlihat oleh manusia normal.
  4. Bisa saja Anda merupakan salah satu korban kejahatan orang lain. Banyak sekali website yang berumur singkat, dan selama periode tersebut hanya tampil konten mereka yang tidak baik atau dengan kata lain diambil alih oleh domain squatter. Bentuk lain dari perbuatan licik pada website adalah pencurian konten dari website Anda, kemudian mereka mempublishnya pada website yang berkonten tidak baik (black list di Google) karena Google sendiri melarang kita bekerja sama dengan "orang jahat". Jika hal ini terjadi segera hubungi Google. Yang pernah saya alamai Google akan memberikan link sebagai wizard solusi.
  5. Server yang kurang baik. Banyak sekali hosting murah dengan fitur-fitur yang menarik, tetapi sebaiknya Anda hati-hati dengan hosting seperti itu karena biasanya tingkat security-nya kurang baik. Kalau Anda membuat blog pada hosting atau domain gratisan, beberapa master menyarankan agar menggunakan Wordpress atau Blogspot. Dengan server yang kurang baik tersebut Google sering kali tidak menemukan URL website Anda saat crawl atau Googleboot mampir, akibatnya Google tidak akan meng-index website Anda. Untuk hal ini Anda bisa melihat lebih detail pada layanan gratis Google Webmaster Tools.
  6. Jika website Anda tergolong baru, maka muncul dan hilangnya website serta fluaktuasi posisi tersebut adalah hal yang sangat wajar. Dalam situasi ini Anda bisa mengoptimalan SEO pada website tersebut termasuk Off Page SEO dan OnPage SEO dan update artikel. Kemungkinan website Anda belum di-index atau masih disimpan pada sand box. Setelah itu tunggu dan lakukan pengecekan kembali.
  7. Website yang hilang pada Google search engine bisa juga disebabkan oleh dibannya website tersebut oleh Goole karena melanggar aturan Google. Untuk mengetahui hal tersebut menggunakan Tool Google Banned Checker.
  8. Competitor (pesaing) Anda makin banyak dengan kata kunci (keyword) yang sama apalagi jika  website mereka memiliki SEO yang optimal dan membeli Google Adword. Itu juga bisa menjadi salah satu sebab menurunnya posisi di Search Engine.
  9. Hilang atau turunnya posisi website bisa juga disebabkan karena Anda menempatkan link website yang buruk di mata Google seperti website yang berkonten pornography, kekerasan, permusuhan, penghinaan, crack dan sebaginya. Untuk menegetahui hal ini, cobalah periksa kembali semua link pada website Anda karena bisa saja sebuah website yang dulunya baik, menjadi buruk di mata Google karena melakukan spam atau melkukan perubahan konten yang tidak disukai Google.
Berkonsultasi dengan Master SEO dan webmaster senior sangat baik dan sangat disarankan untuk mengetahui atau untuk memecahkan masalah mengenai hilangnya website pada Google walaupun tentu akan mengeluarkan sedikit dana untuk keperluan itu.

Semoga bermanfaat.