Saturday, March 20, 2010

Form Contact Gratis

Membuat form contact akan sangat mudah bagi blogger yang sudah mengasai PHP, bahkan mereka yang menguasai PHP dapat dengan mudah meng-customize form sesuai selera dan kebutuhan termasuk ukuran, warna dan style.

Bagi yang belum menguasai pemrogramam PHP dapat membuat form contact melalui jasa pembuatan form dengan berbagai fitur yang dimilikinya. Fitur-fitur tersebut di antaranya dapat berbentuk auto responder, customize style dan design, costumize field data, delivery report, fasilitas block IP dan block email, dan sebagainya dengan harga yang bervariasi.

Di antara situs penyedi layanan pembuatan form contact tersebut ada juga yang memberikan fasilitas pembuatan form dengan gratis (free contact form) yang tentu saja fasilitas yang diberikan dibatasi dan biasanya diharuskan menempatkan URL mereka sebagai life link di bawah form contact tersebut.

Walaupun fasilitas yang dimiliki free contact form terbatas tetapi tentu saja masih bisa digunakan pada blog dengan kemudahan cara membuatnya. Pada umumnya sebelum membuat form (create a new form), pengguna diharuskan sign up dan konfirmasi email, setelah itu pembuatan form dapat dimulai.

Berikut ini adalah langkah-langkah umum pada saat pembuatan form contact gratis, tetapi langkah-langkah ini tidak mutlak dan setiap penyedia layanan pembuatan form bisa berbeda-beda.

  1. Sign up.
  2. Konfirmasi email.
  3. Login.
  4. Pemberian nama form.
  5. Pembuatan field data (nama, email, adress, message, dll)
  6. Penentuan ukuran form,
  7. Pilih Style,
  8. Option Captca (Scurity code)
  9. Email notification.
  10. Option Thank Page (halaman terima kasih) setelah pesan terkirim, pengirim akan dibawa ke halaman thank page yang sebelumnya harus dibuat terlebih dahulu.
  11. Copy code yang diberikan kemudian paste pada halaman di mana form contact gratis tersebut akan disimpan.
  12. Selesai.
Di bawah ini adalah beberapa situs penyedia pembuatan form contact gratis.
  1. Free Contact Form
  2. Foxy Form
  3. Email Me Form
  4. My Contact Form
  5. 123 Contact Form
  6. Kotactr
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.