Tuesday, July 19, 2016

Cara Mudah Mengganti Favicon Blog

Favicon Blog
Favicon adalah gambar kecil yang terletak tepat di samping kiri judul (title) blog yang terlihat ketika kita membuka URL suatu situs pada browser internet. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di samping.

Favicon dapat menjadi ciri khas suatu situs/blog yang umumnya berupa logo situs, logo perusahaan atau logo produk pada situs tersebut namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Kalau kita membuat blog gratis di Blogger, gambar default favicon berupa huruf "B" kecil warna putih dengan latar orange sedangkan kalau kita menggunakan hosting selain Blogger, umumnya gambar favicon default-nya adalah kotak putih. Favicon tersebut dapat kita ubah dengan logo kita sendiri seperti logo pada blog ini (LinkSukses.com). Pada video tutorial di bawah dapat dilihat lebih jelas cara mudah mengganti favicon blog kurang dari lima menit. Silakan disimak!


Berikut adalah cara mudah mengganti favicon blog pada Blogger:
  1. Siapkan terlebih dahulu gambar favicon dalam format file JPG,PNG, ICO, atau GIF dengan ukuran 16x16 px, 22x22 px, atau 35x35 px. Blog Link Sukses sendiri menggunakan ukuran 22x22 pixel dalam format file PNG trasparan
  2. Login ke Blogger dengan akun sahabat
  3. Pilih nama/judul blog yang akan diganti favicon-nya
  4. Buka halaman "Layout"
  5. Pada section header, klik "Edit" di kanan bawah section tersebut
  6. Pilih file favicon yang tadi sudah dipersiapkan kemudian klik upload
  7. Klik "View Blog" untuk melihat hasilnya. Jika belum terlihat, lakukan "Clear cache, history, dan coockies" pada browser yang dipakai
  8. Buka kembali (refresh) halaman tadi atau dengan cara menulis ulang alamat (URL) blog tersebut.
  9. Selesai
Selamat mencoba, semoga bermanfaat!