Sunday, July 3, 2016

Cara Membuat Blog Gratis Terbaru

Setelah sekian lama tidak update, menjelang lebaran 2016 ini LinkSukses mencoba kembali merealisaikan semua kritik, saran, dan permintaan para pengunjung setia blog ini, salah satunya membuat beragam tutorial khusus pemula yang berkaitan dengan blog, desain grafis dan elektronika. Di pertemuan ini posting diawali lagi dengan tema "Cara Membuat Blog Gratis Terbaru".

Tema tersebut saya buat karena tampilan dan fitur Blogger kini sudah banyak berubah dan untuk beberapa orang newbie masih membingungkan. Menindaklanjuti permintaan yang datang via email, saya mencoba kembali menjelaskan langkah-langkahnya melalui video singkat. Karena saya pikir akan lebih mudah dipahami khususnya bagi pemula. Selain terlihat secara visual, pembelajaran via video ini bisa dihentikan sejenak (pause) sambil mempraktekannya.


Berikut adalah cara membuat blog gratis terbaru update 2016 pada hosting Blogger menggunakan sub domain gratis yang kini menjadi ".blogspot.co.id".
  1. Buka situs www.blogger.com
  2. Login dengan akun Anda
  3. Klik New Blog kemudian beri judul blog tersebut sesuai konten yang akan dibuat
  4. Tentukan Address atau URL blog yang berakhiran ".blogspot.co.id" yang masih tersedia. Jika tidak tersedia, silakan ulangi dengan menentukan URL yang lebih unik
  5. Pilih salah satu template Blogger yang tersedia (default blogger theme)
  6. Untuk melihat hasilnya, klik tombol "View blog"
  7. Setelah blog berhasil dibangun, saatnya mulai menulis posting (artikel) pertama. Pada contoh ini saya menggunakan Lorem Ipsum untuk mengisi artikel supaya cepat. Kalimat-kalimat dummy ini nantinya harus sesuai dengan tujuan dan konten blog secara keseluruhan.
Demikian tutorial dasar cara membuat blog gratis terbaru versi Blogger 2016. Bonus dalam video: cara menulis psting pertama, cara menyisipkan gambar pada posting, dan cara membuat readmore.
Selamat mencoba!.