Monday, September 11, 2023

Ultrasonic mist maker, alat pembuat kabut untuk berbagai kegunaan

Ultrasonic mist maker adalah perangkat unik yang bekerja berdasarkan getaran ultrasonik untuk menghasilkan kabut atau embun. Mist maker bisa digunakan dalam berbagai aplikasi seperti air mancur dalam ruangan, pelembab udara (humidifier), bahkan untuk menciptakan efek khusus dalam produksi teater. 

Ultrasonic Mist Maker

CARA KERJA ULTRASONIC MIST MAKER

Alat ini menggunakan getaran ultrasonik frekuensi tingg sekitar 1,7 MHz untuk bisa menghasilkan kabut ketika dimasukan ke dalam air dengan kedalaman tertentu. Getaran ini dihasilkan oleh piringan (cakram) keramik yang bersifat piezoelektrik yakni dapat mengubah energi listrik menjadi getaran mekanis.

Ketika arus listrik dialirkan pada cakram keramik yang direndam dalam air, maka alat ini mulai bergetar dengan cepat (frekwensi tinggi). Getaran ini akan menciptakan gelombang di dalam air yang menyebabkannya teratomisasi menjadi tetesan-tetesan kecil. Inilah yang kita lihat sebagai kabut, uap atau embun yang bergerak seperti asap.

Kabut atau uap akan tercipta di ruang nebulisasi yaitu pada kompartemen kecil tempat keluarnya tetesan air. Ruang nebulisasi ini dirancang untuk memungkinkan keluarnya kabut sekaligus mencegah air masuk ke dalam komponen elektronik mist maker.

PENGGUNAAN ULTRASONIC MIST MAKER

  1. Air Mancur Dalam Ruangan
    Alat ini bisa dipakai pada air mancur dalam ruangan untuk menciptakan efek kabut yang indah sebagai dekorasi. Kabut yang dihasilkan bisa menambah rasa ketenangan dan meningkatkan daya tarik visual air mancur.
  2. Pelembab Udara (Humidifier)
    Alat ini bisa digunakan dalam pelembab udara (humidifier) untuk meningkatkan kelembapan di ruangan atau di area tertentu. Kabut halus yang dihasilkan akan menguap dengan cepat sehingga meningkatkan kadar air di udara. Efeknya, udara akan terasa lebih sejuk dan segar.
  3. Efek Khusus
    Dalam produksi atau acara teater, pembuat kabut ultrasonik sering digunakan untuk menciptakan efek khusus seperti kabut atau asap di sekitar panggung. Kabut yang dihasilkan dapat disinari dengan lampu berwarna untuk menciptakan suasana dramatis dan menawan saat teater berlangsung.

Adaptor Ultrasonic Mist Maker

KELEBIHAN ULTRASONIC MIST MAKER

  1. Hemat Energi
    Alat ini sangat hemat energi karena hanya mengonsumsi sedikit daya. Hanya dengan power 24 Volt 1-2 Ampere alat ini sudah bisa beroperasi menghasilkan kabut dalam waktu yang lama tanpa berdampak signifikan pada tagihan listrik.
  2. Tidak menggunakan bahan kimia.
    Tidak seperti beberapa sistem kabut lainnya, alat ini tidak memerlukan bahan kimia atau bahan tambahan lain untuk menghasilkan kabut atau uap air yang lembut. Alat ini hanya mengandalkan atomisasi air yang didukung getaran frekwensi tinggi sehingga aman dan ramah lingkungan.
  3. Mudah digunakan dan mudah maintenancae
    Meski sering digunakan setiap hari, alat ini dapat dengan mudah dibersihkan dengan air dan deterjen.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

  1. Jangan meletakan mist maker terlalu dalam di dalam air karena kabut akan sulit keluar sehingga seolah-olah alat tersebut tidak bekerja. Atur kedalaman secara manual sampai alat tersebut mengeluarkan kabut.
  2. Jika akan memindahkan ata memegang alat ini di dalam air, sebaiknya cabut terlebih dahulu adaptor atau sumber tegangan dari alat tersebut.
  3. Jangan mengoperasikan alat ini lebih dari 10 jam tanpa berhenti (non stop) karena dapat meerusak alat tersebut. Dengan kata lain dapat mengurangi umur alat ini.
Ultrasonik Mist Maker

KESIMPULAN

Ultrasonic mist maker merupakan perangkat luar biasa yang bekerja menggunakan getaran ultrasonik frekwensi tinggi untuk menghasilkan kabut atau uap. Alat ini bisa dipakai sebagai dekorasi pada air mancur di ruangan dan pada sebuah panggung teater saat pertunjukan untuk memperindah suasana. 

Alat ini tidak memakan daya listrik yang besar dan sudah bisa bekerja hanya dengan power 24 Volt 1-2 Ampere. Disamping itu pengoperasannya bebas bahan kimia sehingga aman bagi lingkungan sekitar.