Tuesday, September 12, 2023

Cara Kerja H-Bridge Transistor untuk Kendali Motor DC

DEFINISI H-BRIDGE TRANSISTOR
H-Bridge Transistor adalah rangkaian elektronika yang terdiri dari empat transistor sebagai komponen utama dan beberapa resistor sebagai pembatas arus. Pada rangkaian ini, keempat transistor tersebut berfungsi dan beroperasi sebagai saklar (switch) dimana setiap terminal Basis (B) menjadi input logika (logic input). 

Umumnya H-Bridge Transistor dipakai sebagai pengendali motor DC untuk mengatur gerak dan arah putaran motor. Istilah lain dari H-Bridge Transistor adalah H-Bridge Driver.
Rangkaian H-Bridge Transistor
Rangkaian H-Bridge Transistor

CARA KERJA H-BRIDGE TRANSISTOR
Rangkaian di atas terdiri dari dua buah transistor jenis NPN dan dua buah transistor jenis PNP. Setiap resistor yang menghubungkan input dan basis transistor berfungsi sebagai pembatas arus yang disesuaikan dengan spesifikasi transistor yang dipakai.

Jika Forward Input diberi logic “1” dan Reverse Input diberi logic “0”,maka motor akan berputar searah jarum jam. Jika Forward Input diberi logic “0” dan Reverse Input diberi logic “1”, maka motor akan berputar berlawanan arah jarum jam. Jika Forward Input dan Reverse Input diberi logic sama, maka motor akan berhenti perputar (tidak bergerak). Berikut adalah tabel kebenarannya.

Tabel Kebenaran H-Bridge Transistor

Tabel Kebenaran H-Bridge Transistor

H-BRIDGE DRIVER L298N
L298N adalah H-Bridge-Transistor yang sudah dirangkai dalam satu modul PCB menggunakan IC L298N sehingga penggunaannya lebih mudah tanpa perlu merangkai H-Bridge dari empat atau lebih transistor secara manual.

Konfigurasi Pin IC L298N

Konfigurasi Pin IC L298N
(Sumber: www.bristolwatch.com)

Keterangan Pin IC L298N

Tabel Keterangan Pin IC L298N

Data Karakter Elektronik IC L298N

Tabel Data Karakter Elektronik IC L298N

Modul H-Bridge Driver L298N

Modul H-Bridge Driver L298N


Kedua H-Bridge di dalam IC L298N bisa di paralel untuk meningkatkan kemampuan menopang arus sampai 4 Ampere. Untuk mencegah terjadinya over temperature, IC L298N dipasang heatsink. 

Pada saat berputar, motor DC yang terhubung dengan H-Bridge Driver akan membangkitkan tegangan yang besarnya dapat mencapai dua kali lipat bahkan tiga kali lipat dari tegangan Vm atau Vs. Tegangan tersebut dapat merusak rangkaian di belakang¬nya. Sebagai solusinya dipasang komponen 8 buah dioda penga¬man arus balik. Skema Rangkaian H-Bridge Driver L298N dapat dilihat pada gambar-gambar berikut:
Skema Rangkaian H-Bridge Moter Driver L298N
Skema Rangkaian H-Bridge Moter Driver L298N

Aplikasi H-Bridge Transistor dapat diterapkan pada berbagai karya elektronika seperti mobil mainan remote control, robot, compeyor dan prakarya elektronika lain yang menggunakan motor DC.