Friday, July 22, 2016

Cara Mudah Mengganti Header Blog dengan Gambar

Tutorial blog pemula kali ini adalah cara mudah mengganti header blog dengan gambar sendiri sehingga bisa berbeda dengan blog-blog yang lain dan dapat menjadi ciri khas blog tersebut.

Header default bawaan Blogger berupa tulisan judul blog dengan atau tanpa deskripsi di atas background dengan warna tertentu. Untuk mengganti tulisan header blog dengan dengan gambar sendiri baik dengan judul dan deskripsi blog ataupun tidak dapat dilakukan dengan mudah kurang dari dua menit dengan catatan gambar header sudah dipersiapkan.

Gambar header untuk blog bisa dalam format file JPG, GIF, dan PNG namun direkomendasikan ukuran filenya tidak terlalu besar karena bisa memperlambat loading blog. Namun demikian tentunya resolusi gambar tidak terlalu kecil sampai gambar terlihat buram (Blur).

Gambar header bisa berupa foto, gambar sendiri, atau logo yang akan menjadi ciri khas blog yang bersangkutan. Berikut adalah step-by-step cara mudah mengganti header blog dengan gambar:

  1. Siapkan terlebih dahulu gambar yang akan dijadikan header blog. Sesuaikan ukurannya dengan template blog yang digunakan. Selain itu format file juga bisa berpengaruh terhadap tampilan header misalnya saja background transparan dan background berwarna tergantung desain blog itu sendiri
  2. Buka www.blogger.com kemudian login dengan akun sahabat
  3. Pilih judul blog yang akan diganti header-nya dengan gambar sendiri
  4. Buka halaman Tata Letak atau "Layout"
  5. Pada section header, klik "Edit" di kanan bawah untuk membuka jendela pengaturan header
  6. Jika sebelumnya sudah ada gambar, hapus gambar tersebut dengan menekan tombol "Remove"
  7. Pilih gambar header yang tadi sudah disiapkan sebelumnya kemudian upload
  8. Sebelum disimpan, Sahabat bisa memilih satu dari tiga opsi yang tersedia yakni gambar saja, gambar dan deskripsi, dan deskripsi di bawah gambar
  9. Simpan dan lihat hasilnya dengan mengklik tombol "View Blog"
Lebih jelas mengenai cara mudah mengganti header blog dengan gambar sendiri dapat sahabat simak pada video berikut. 


Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!