Gerbang Logika Dasar

Gerbang Logika (Logic Gate) adalah suatu perangkat yang menerapkan fungsi Boolean sehingga dapat melakukan operasi logika dengan memproses input (masukan) untuk menhasilkan output (keluaran). Gerbang logika dapat dibangun menggunakan komponen Dioda, Transistor sebagai saklar, Relay, dan Saklar (Switch).

Menurut Wikipedia, Gerbang logika adalah suatu entitas dalam elektronika dan matematika Boolean yang mengubah satu atau beberapa masukan logik menjadi sebuah sinyal keluaran logik. Gerbang logika terutama diimplementasikan secara elektronis menggunakan diode atau transistor, akan tetapi dapat pula dibangun menggunakan susunan komponen-komponen yang memanfaatkan sifat-sifat elektromagnetik (relay), cairan, optik dan bahkan mekanik.

Ada dua jenis simbol gerbang logika yang dapat dipakai yaitu standar Amerika atau biasa disebut dengan simbol tradisional dan standar Inggris atau IEC (International Electrotechnical Commission). Adapun istilah logic 1 dan logic 0 adalah kondisi sinyal input/ output gerbang logika. Istilah lain dari logic 1 dan logic 0 adalah sebagai berikut:
  1. 1 dan 0
  2. Benar dan Salah / True and False
  3. Tinggi dan Rendah / High (H) and Low (L)
  4. +Vcc dan 0 Volt
  5. On dan Off
LOGIC STATES
 True (Benar)  False (Salah)
10
High (H/ Tinggi)Low (L/ Rendah)
+Vcc (Tegangan supply positif) 0 Volt (Tanpa tegangan)
OnOff

SIMBOL-SIMBOL GERBANG LOGIKA DASAR
Simbol Gerbang Logika

Arsip