Tuesday, October 18, 2011

Membuat Blog di Weebly

Membuat blog dengan Wordpress.com atau dengan platform Blogspot rasanya itu sudah biasa, tetapi kalau membuat blog di Weebly bagi beberapa sobat pemula mungkin agak bingung dan belum cukup familiar.

Tutorial ini saya tulis berdasarkan permintaan salah satu pengunjung Link Sukses yang menanyakan cara membuat komentar di Weebly. Saat ini Weebly tidak menyediakan fitur komentar pada halaman utama web tetapi tersedia di bagian blog yaitu menu khusus untuk membuat blog yang berada satu halaman dengan Page (menu).

Salah satu kelebihan Weebly dibanding CMS lain adalah dapat membuat lebih dari satu blog dalam satu website, disamping itu jika suatu saat tidak dibutuhkan, maka halaman blog tersebut dapat disembunyikan tanpa menghapus posting-posting yang sudah diterbitkan. Dengan membuat blog di Weebly otomatis kolom komentar pun tersedia.

Berikut langkah-langkah membuat blog di Weebly:

  1. Login ke Weebly
  2. Klik Edit pada website yang akan di-edit (dibuat blog)
  3. Pada halaman ini pilih Page kemudian klik Add Blog untuk membuat halaman blog seperti halnya membuat menu. Tulis nama blog misalnya "Blog" atau apa saja sesuai kebutuhan dan tidak harus bernama Blog, setelah itu Save Settings

    Blog Weebly

  4. Klik menu Blog yang baru dibuat (No.1) kemudian lakukan posting seperti halnya di Blogger atau di Wordpress (No.2). Pada halaman ini kita dapat melakukan berbagai setingan dan menambah fitur sesuai kebutuhan.
  5. Gunakan menu utama di sebelah kiri untuk menggunakan fitur-fitur Weebly (No. 3) misalnya pada menu Basic teridiri daei Element, Designs, Pages, Editor, dan Settings.
  6. Drag and Drop fitur-fitur yang dibutuhkan misalnya menambahkan paragraf, title, gambar, multimedia, Video Youtube, Google Adsense, dan fitur lainnya. 
  7. Setelah semua setingan selesai, klik Publish dan lihat hasilnya (No.5)

    Weebly Blog

  8. Selesai. Selamat mencoba semoga bermanfaat