Tuesday, August 9, 2011

Benarkah Google Adsense Sudah Support Bahasa Indonesia

Goolge Adsense Indonesia
Lagi-lagi topik mengenai Google Adsense dalam blog Bahasa Indonesia. Melanggar TOS atau tidak? Sebelumnya saya telah menulis mengenai hal tersebut dalam dua posting silahkan dibaca "Google Adsense di Blog Indonesia" dan "Google Adsense dalam Bahasa Indonesia". Di kedua posting tersebut saya menjelaskan bahwa penempatan Google Adsense for Content di blog dengan bahasa utama Indonesia adalah melanggar TOS Google Adsense, tetapi kali ini saya akan menginformasikan sebaliknya bahwa iklan Google Adsense for Content sudah bisa ditempatkan di blog berbahsa Indonesia. Benar nih...?

Sebenarnya sudah cukup lama mengharapkan kebijakan tersebut dengan alasan blogger Indonesia pun dapat bekerjasama dengan baik, lagipula banyak pengiklan Indonesia yang menggunakan Google Adword dengan target wilayah dan orang Indonesia. Mengenai kebenaran hal itu, sobat blogger dapat menyimak sedikit kisah saya beberapa hari yang lalu.

Awalnya saya mendapat email yang berisi mengenai undangan para pengiklan untuk tatap muka di Jakarta bersama para pengiklan Google Adword yang lain. Tema saat itu adalah mengenai optimasi Google Adword agar tepat sasaran dan memperoleh profit yang baik atau setidaknya seimbang antara dana iklan dan hasil yang diperoleh.

Sebulan kemudian, tepatnya 08 Juli 2011 saya mendapat undangan dari untuk hadir lagi pada acara  "AdSense in Your City Goes Jakarta" dengan topik:
  1. Mendengar update produk terbaru Google untuk Publisher
  2. Mengetahui cara mengoptimisasi website Anda untuk mendapatkan revenue maksimal
  3. Informasi mengenai bagaimana cara mendapatkan kesempatan baru “Going Mobile” dengan AdMob
  4. Bagaimana mengoptimisasi website Anda dengan mengenal traffic Anda
  5. Bagaimana menjaga akun Anda tetap baik di mata Program Kebijakan AdSense
Lebih jelasnya dapat dilihat di screenshot di bawah.

Goolge Adsense Indonesia

Setelah acara tersebut, tanggal 29 Juli 2011 saya kembali mendapat email mengenai "Undangan Program Beta Google Adsense" dengan topik:
  1. Tips Optimasi terbaik
  2. Program Adsense for content dalam bahasa Indonesia
Lebih jelasnya dapat dilihat di screenshot di bawah:

Goolge Adsense Indonesia

Tentu saja saya pun ikutan daftar untuk mencoba keberuntungan dengan harapan dapat menempatkan iklan Google Adsense for Content dalam blog berbahasa Indonesia. Pada formulir pendaptaran tersebut saya harus mendaftarkan salah satu website yang ber-Adsense yang telah dioptimasi kemudian mendaftarkan blog berbahasa Indonesia untuk di-review. Jika lulus dengan optimasi sesuai standar Google Adsense, maka saya akan menjadi salah satu dari 100 nominasi publisher Indonesia yang dapat menampilkan Google Adsense for content untuk blog berbahasa Indonesia.

Website yang saya daftarkan saat itu adalah www.myframecity.com dan blog berbahasa Indonesia yang saya daftarkan saat itu adalah www.linksukses.com. Sejak saat itu saya hanya bisa menunggu dan berharap dapat lulus.Tanggal 08 Agustus 2011 saya mendapat email kembali yang menyatakan bahwa saya terpilih untuk masuk ke dalam program Beta AdSense Konten Bahasa Indonesia. Saat itu saya sedikit tidak percaya ternyata kedua situs tersebut lulus review. Saya sangat bersyukur dengan keputusan tersebut. :D

Goolge Adsense Indonesia

Dengan keputusan tersebut, kini Google Adsense for Content dapat dipasang pada blog berbahasa Indonesia tetapi khusus bagi publisher yang diundang atau melalui jalur undangan sehingga tidak lagi melanggar TOS Google Adsense.

Tulisan ini hanya sekedar sharing informasi kegembiraan saya, semoga sobat blogger juga mendapat undangan seperti saya. Amin.