Saturday, April 2, 2011

Google Adsense di Blog Indonesia

Google Adsense
Banyak sahabat blogger yang kini sudah memperoleh pasif income cukup lumayan dari Google Adsense melalui iklan yang dipasang pada situs mereka. Iklan yang tampil sangat serasi dengan konten karena secara otomatis menyesuaikan topik yang sedang dibahas pada sebuah halaman. Hal ini tentu berbeda dengan PPC Indonesia di mana iklan yang muncul kebanyakan tidak nyambung dengan isi, apapun topik situs, iklan yang muncul masih itu-itu juga.

Tidak seperti Bidvertiser dan Chitika, kini untuk menjadi member Google Adsene tidak mudah oleh karena itu sekali kita diterima menjadi member, jaga dan pelihara akun tersebut dengan selalu memperhatikan TOS Google Adsense yang mau tidak mau harus ditaati.

Sesuai TOS Google Adsense, penempatan Adsense for content pada halaman dengan bahasa utama yang disebutkan kecuali untuk Adsense for search. Pertanyaan yang sering muncul antara lain:
  1. Bolehkah Adsense ditempatkankan di blog Indonesia?
  2. Bolehkah Blogger Indonesia berpartrisipasi menjadi member Google Adsense?
  3. Bagaimana jika script iklan tersebut ditempatkan pada situs dua bahasa atau lebih?
  4. Kenapa banyak iklan Google masih terlihat di situs berbahasa Indonesia? Apakah itu tidak melanggar TOS?
Sampai tulisan ini dipublikasikan, pendapat saya masih tetap sama seperti tulisan saya sebelumnya mengenai "Google Adsense dalam Bahasa Indonesia". Kenapa? Khusus untuk Adsense for content, bahasa Indonesia belum termasuk bahasa yang support dan penempatan kode Adsense for content pada halaman dengan bahasa utama yang tidak support tidak diperbolehkan. Jika kita berusaha mengakalinya, saya pikir itu termasuk pelanggaran yang dapat berakibat dibannya akun kita. Sayang kan?

Google Adsense

Bagaimana jika suatu halaman bahasa Inggris di dalamnya terdapat bahasa Indonesia?  Apakah boleh dipasang Adsense? Tentu saja masih diperbolehkan selama bahasa utama yang digunakan adalah bahasa Inggris sedangkan bahasa Indonesia hanya sebagai topik yang dibahas atau sekedar kutipan. Saya sendiri sangat berharap Adsense for content dapat dipasang pada blog berbahasa Indonesia :D

Pendapat Anda bagaimana?