Friday, June 10, 2011

Mengganti Domain Blogspot Menjadi CO.CC

Tutorial blogger mengenai cara mengganti domain blogspot menjadi .co.cc ini yang saya sajikan khusus untuk pemula. Tutorial ini berdasarkan pengalaman saya ditambah referensi lain sebagai acuan.

Ada beberapa kesamaan metode saat customize domain di Blogger antara domain yang dibeli melalui blogger dan domian yang terdaftar tidak melalui blogger. Mengenai cara mengganti domain langsung di blogger sudah saya tulis dipostingan sebelumnya. (silahkan baca Upgrade Domain di Blogspot)

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengganti domain blogspot menjadi .co.cc. Kali ini saya ambil contoh www.flowerofwedding.blogspot.com yang akan diganti dengan www.bunga-pernikahan.co.cc.

  1. Pada browser internet, buka www.co.cc.
  2. Tulis domain baru  dengan .co.cc pada kotak yang tersedia sebagai pengganti blog tadi kemudian klik Check Availability untuk memeriksa ketersediaan domain tersebut (kebetulan domain wedding-flowers masih tersedia tetapi harus berbayar $3/ tahun).
  3. Daftar domain .co.cc

  4. Jika tersedia, lanjutkan dengan memilih Continue to Registration. Di sini akan diketahui apakah domain tersebut berbayar atau tidak. Jika domain .co.cc tersebut berbayar dan Anda menginginkan domain .co.cc gratis, klik saja back pada browser selanjutnya cari domain lain sampai mendapatkan domain .co.cc gratis.
  5. Check domain .co.cc

  6. Klik Sign in jika Anda sudah memiliki akun .co.cc. Jika belum, klik Create an account now, isi formulir registrasi kemudian klik Continue. Lakukan proses registrasi sampai selesai, Anda akan diminta kembali untuk memasukan password, setelah itu Sign in.
  7. Daftar .co.cc

    Registrasi domain .co.cc

  8. Klik Setup. Pada bagian Manage Domain pilih Zone Records
  9. Setup domain .co.cc

    Zona Record pada .co.cc

  10. Isi form sebagai berikut
    Host : www.bunga-pernikahan. co.cc (dengan www)
    TTL : 1D
    Type : CNAME
    Value : ghs.google.com
  11. Setup domain .co.cc

  12. Login ke blogger untuk melakukan setingan selanjutnya (window jangan dulu ditutup).
  13. Pada bagian setting pilih Publishing kemudian click Custom Domain.
  14. Custom Domain Blogspot

  15. Klik Switch to advanced settings
  16. Custom domain blogspot

  17. Tulis domain Anda yang telah didaftarkan tadi contoh www.bunga-pernikahan.co.cc. Setelah mengisi Word Verification klik Save Settings.
  18. Masih di halaman itu, centang Redirect bunga-pernikahan to www.bunga-pernikahan.co.cc (atau sesuai domain Anda). Lanjutkan dengan mengisi verifikasi kemudian Save Settings.
  19. Redirect ke .co.cc

  20. Cobalah panggil domain baru tersebut dengan alamat www.bunga-pernikahan.co.cc atau nama domain Anda (yang baru didaftarkan ke . co.cc). Jika berhasil blog tersebut akan muncul persis sama dengan domain sebelumnya (www.flowerofwedding.blogspot.com).
  21. Lakukan hal sama seperti langkah 12 tetapi tanpa www (bunga-pernikahan. co.cc atau http://bunga-pernikahan. co.cc). Jika tidak bisa dibuka, lakukan langkah berikut.
  22. Ping ke alamat tersebut dengan cara klik tombol Start Windows, Run, tulis cmd, kemudian klik OK untuk masuk ke Comand Prompt (DOS). Tulis ping bunga-pernikahan. co.cc kemudian Enter. Catat IP yang tampil.

  23. Kembali lagi ke window . co.cc yang tadi belum ditutup.
  24. Isi form sebagai berikut
    Host : bunga-pernikahan. co.cc (tanpa www)
    TTL : 1D
    Type : A
    Value : 112.175.243.23 (seperti saat ping)
  25. Setting domain .co.cc

  26. Klik Setup kemudian coba lagi buka domain baru Anda dengan dan tanpa www.
  27. Kini domain flowerofwedding.blogspot.com telah berubah menjadi bunga-pernikahan.co.cc dan masih dapat dipanggil dengan kedua alamat tersebut.
  28. Semua setingan akan berubah maksimal 48 jam.
  29. Setelah domain berubah menjadi bunga-pernikahan. co.cc, domain lama (flowerofwedding.blogspot.com) masih dapat dipanggil tetapi pada browser akan langsung berubah menjadi domain baru.
  30. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan mohon dikoreksi.
Catatan:
  1. Langkah 18-20 dilakukan jika domain Anda tidak bisa dibuka tanpa www.
  2. Referensi .co.cc for Blogger
  3. Sumber lain untuk referensi Anda dalam mengubah .blogspot menjadi .co.cc dapat dilihat di Ka' Damar
  4. Pada langkah ke 14 IP untuk setiap domain akan berbeda.
  5. Apabila blog yang diubah tersebut sudah online cukup lama dan sudah banyak pengunjung, sebaiknya dilakukan beberapa perubahan URL pada header, page, menu, posting, sidebar, dan URL lain yang masih menggunakan domain lama (blogspot.com).
  6. Setelah perubahan selesai, Alexa rank akan kembali besar dan Google Pagerank akan kembali nol, tetapi Anda tidak perlu khawatir kehilangan pengunjung karena domain lama masih tetap dapat diakses.
  7. Sebaiknya dilakukan verifikasi ulang blog dengan domain baru tersebut.
  8. Mohon maaf sumber awal pembelajaran tidak saya cantumkan karena lupa dan dari blog mana pertama kali saya mendapatkan informasi ini.
Posting ini sudah tidak berlaku lagi karena .co.cc sudah di-deindex oleh Google.