Sunday, June 6, 2010

Membuat Halaman Statik Pada Blogspot

static pages
Dulu pengguna Blogspot tidak bisa membuat halaman statik seperti halnya pada Wordpress yang beridiri sendiri, para blogger biasanya membuat halaman seperti halaman statik pada WP dengan merekayasa posting kemudian menuakan atau mengatur tanggal posting tersebut agar tidak tampil sebagai artikel terbaru pada halaman depan (home). URL posting yang telah diedit tanggal publikasinya kemudian disimpan sebagai internal link pada menu atau page.

Contoh halaman statik yang biasa dipakai pada Wordpress, Joomla dan CMS lain antara lain halaman About Me, Contact, Privacy Policy, Profile, dan sebagainya. Kini Blogspot selain telah merilis Blogger Template Designer untuk mempermudah customize template, juga menyediakan fasilitas untuk membuat page statik yng berdiri sendiri. Pembuatan halaman statik dengan cara ini jauh lebih simple dan lebih mudah.

Di bawah ini adakah langkah-langkah untuk membuat halaman statik pada Blogspot dalam bentuk video tutorial agar lebih mudah dipahami. Langkah awalnya buka dulu draft.blogger.com (boleh juga dijadikan default Dashboard) setiap membuka blogger.com selanjutnya silahkan lihat video tutorial.

Content Video:
  1. Pembukaan
  2. Cara membuat halaman statik (Static Page)
  3. Mengatur Posisi Page
  4. Menyembunyikan dan menampilkan sebagian Page
  5. Merubah title Page
  6. Mengatur urutan Page
  7. Cara menghapus Page
  8. Special Thanks to Lintang (Republik Blogger), Joko (Diptara Blog), Eldo (Dinding Coret), Pujiono (Pujiono Personal Blog), Syam Oby (Zona-Ketawa-Kita), Amatullah (Indahnya Berbagi), Agus (Bisnis Fantastis).
Credit:
  1. Title : Creating Pages on Blogspot
  2. Directed by Yuda Isparela (LinkSukses.com)
  3. Background Music Arranged by  Anis Fahrunisa (MyFrameCity.com) using FL Studio
  4. Theme : Popular Javanese Song SUE ORA JAMU
  5. Download Video di:
    http://www.ziddu.com/download/10157450/blogger-pages.zip.html atau
    http://www.4shared.com/video/4n_1RmL8/blogger-pages.html

Bagi sobat pemula, kalau masih bingung setelah melihat video tutorial cara membuat halaman statik pada Blogspot, silahkan dengarkan saja musiknya, semoga terhibur (LOL).