Friday, January 29, 2010

Kode Warna

Kode Warna diperlukan dalam pembuatan blog atau website untuk menentukan atau mengatur warna text, border, link, backround, dan lain-lain. Bagi seorang blogger yang memahami photoshop atau program sejenisnya, tentu hal ini sudah merupakan santapan sehari-hari bahkan di antara mereka banyak yang sudah hapal di luar kepala kode-kode warna yang sering dipakai terutama warna-warna dasar.

Informasi mengenai kode warna ini saya sajikan khusus bagi blogger pemula yang belum menguasai photoshop dasar atau program sejenisnya. Hal ini dikarenakan banyak di antara blogger pemula yang merasa sedikit kesulitan untuk menentukan kode warna yang akan dipakai pada blog saat pengeditan HTML atau CSS karena ditulis dalam kode Hexadesimal yang diawali dengan tanda pagar(#) kecuali untuk kode warna dasar dapat ditulis langsung sesuai nama warna tersebut dalam bahasa Inggris.

Untuk warna-warna dasar, kita bisa menulis dengan atau tanpa kode warna hexadesimal seperti red, black, blue, dll, atau dengan menggunakan kode warna hexadesimal seperti #FF000, #000000, #0000FF, dll. Tetapi untuk warna-warna yang lain, kita harus menggunakan kode hexadecimal. Perhatikan kode warna dasar di bawah ini :

  1. Merah : Red atau #FF0000
  2. Biru : Blue atau #0000FF
  3. Kuning : Yellow atau #FFFF00
  4. Hijau : Green atau #00FF00
  5. Putih : White atau #FFFFFF
  6. Hitam : Black atau #000000
  7. Abu-abu : Gray atau #666666
  8. Pink : Magenta atau #FF00FF
  9. Biru Muda : Cyan atau #00FFFF
Selain warna dasar,  kita tidak bisa menulis menggunakan nama warna tersebut seperti halnya red, yellow, green, dan sebagainya tetapi harus menggunakan kode hexadecimal yang diawali dengan tanda pagar (#). Di bawah ini saya perlihatkan sebuah tool untuk menentukan kode warna dalam hexadesimal (Color Picker) yang dapat membantu khususnya para pemula atau siapa saja yang belum memahami program photoshop dasar atau program sejenisnya.

Cara menggunakan tool ini mudah sekali, hanya dengan men-drag mouse pada color picker box, kode warna hexadesimal akan tampil di bagian atas dan kode RGB akan tampail di sebelah kanan. Selanjutnya Anda bisa meng-copy atau menulis ulang kode warna tersebut sebagai acuan untuk mewarnai text, border, atau background pada blog Anda melalui editing CSS.  Jika widget di bawah tidak bekerja dengan normal atau kosong, coba refresh atau reload halaman ini dan tunggu sebentar! (sebaiknya java script dan flash player diaktifkan pada browser Anda)

Mohon maaf programnya error!
Kode warna (Color Picker) tersebut adalah Versi Free sehingga (maaf) kalau ada ads (iklan) sekali-kali muncul saat menggunkanan kode warna tersebut. Anda bisa juga mengupgrade kode warna (Color Picker) tersebut dengan mengunjungi situs yang bersangkutan.
Semoga bermanfaat.