Tuesday, January 5, 2010

Berkenalan Dengan Photoshop

Photoshop dasar
Photoshop bagi sebagian blogger merupakan kebutuhan pokok didalam medesain sebuah blog atau website. Existensi program Adobe Photoshop sangat penting untuk meningkatkan kualitas situs yang dibuat terutama dari segi appearance (tampilan) termasuk di dalamnya tampilan header, footer, banner, dan image lain di dalam sebuah posting ataupun pada sidebar.

Blogger secara tidak langsung harus bisa mengusai photoshop dasar untuk membuat tampilan blog yang lebih menarik dengan kobinasi warna yang serasi sehingga pengunjung akan merasa betah dan kemungkinan akan kembali mengunjungi blog tersebut, tentu saja hal ini didukung pula dengan konten yang menarik dan informatif. Inilah salah satu nilai plus untuk menarik perhatian para pengunjung. Di satu sisi photoshop dapat meningkatkan kualitas tampilan sebuah website, di sisi lain sebuah website dapat memiliki konten menarik mengenai photosop itu sendiri termasuk tutorial photoshop.

Penjelasan singkat di bawah ini terlepas dari SEO dan promosi sebuah situs karena kenyataanya sebuah situs yang sangat jelek penampilannya dapat memiliki traffic pengunjung yang cukup baik setiap harinya, hal itu tentu ditunjang oleh banyak faktor diantaranya SEO dan promosi yang berbayar. Ada juga sebuah situs yang memiliki tampilan jelek bahkan dengan konten yang kurang menarik, memiliki Google Pagerank yang tinggi, hal itupun tidak lepas dari promosi berbayar dan pembelian link permanen satu arah, walaupun kenyataannya situs tersebut memiliki sedikit pengunjung.

Dengan bantuan program photoshop, seorang blogger diharapkan:
  1. Dapat mengatur warna header, footer, banner dan image lain sehingga lebih serasi dan enak dipandang.
  2. Dapat membuat background dengan warna gradient atau background image dengan cara repeat-x, repeat-y, dan no-repeat).
  3. Dapat mengatur resolusi dan pixel sebuah image agar selain terlihat bagus juga dapat dibuka atau diakses dengan cepat pada saat online. Tidak sedikit sebuah situs yang memiliki tampilan dan image yang bagus tetapi sangat lambat dibuka (slow loading) akibatnya pengunjung akan bosan menunggu dan kemungkinan kecil akan kembali, sebaliknya sebuah situs yang memiliki konten yang bagus tetapi memiliki template dan warna image yang tidak serasi, juga kurang sempurna. Tetapi tentu saja tidak semua situs seperti itu, hanya saja apabila seorang webmaster menguasai program photoshop dengan baik maka sudah bisa dipastikan akan menciptakan sebuah karya seni bekualitas pada situs yang ia buat.
  4. Dapat membuat logo, icon, favicon, banner dengan mudah sesuai selera.
  5. Dapat membuat watermark pada personal image sehingga apabila seseorang mengcopy paste image tersebut, tanda air (watermark) tersebut masih bisa terlihat sebagai identitas pembuatnya.
  6. Dapat membuat menu, sub menu, button, dan background menu yang lebih menarik dan variatif.
Pembahasan mengenai photoshop pada blog Link Sukses ini hanya sekedar merupakan Tutorial Photoshop Dasar yang akan saya jelaskan secara garis besar khusus bagi pemula yang belum mengetahui cara mendesain sebuah gambar atau membuat efek tertentu dengan photoshop. Mudah-mudahan nantinya akan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas blog Anda.

Arsip