Tuesday, October 3, 2023

TikTok Shop Indonesia Resmi Tutup Mulai 4 Oktober 2023

Informasi terbaru dari TikTok Shop Indonesia bagi sellers. TikTok Shop Indonesia tidak tersedia mulai 4 Oktober 2023 hingga pemberitahuan lebih lanjut. Informasi selengkapnya dapat dilihat dalam bentuk tanya jawab di bawah.

Tik Tok merupakan salah satu aplikasi sosial media dimana pengguna bisa meng-upload dan mengedit beragam video pendek dengan dukungan musik yang telah disediakan. Video tersebut kemudian bisa dibagian ke seluruh dunia khususnya kepada pengguna TikTok lainnnya melalui jaringan internet.

Seiring perkembangan teknologi, kebutuhan publik, dan untuk memanjakan para pengguna, TikTok terus mengembangkan berbagai fitur dan fasilitas termasuk dibangunnya TikTok Shop dimana para pengguna bisa berjualan beragam produk sekaligus membuat promosi.

Melalui TikTok Shop ini, para penjual bisa memajangkan produk sekaligus bertransaksi. Selain itu akun ptibadi bisa dimanfaatkan untuk promosi dan live streaming terkait produk yang ditawarkan. Meskipun berbeda aplikasi, tetapi bisa dihubungkan dengan akun TikTok pribadi. 

Sayangnya fitur-fitur yang telah dikembangkan tersebut besok 4 Oktober secara resmi akan ditutup sehingga para seller tidak akan bisa lagi berjualan namun masih bisa mempromosikan produk. Penutupan ini merupakan keputusan dan kebijakan dari pemerintah Indonesia dan pihak TikTok berusaha mentaatinya.

Pemerintah tentu mempunyai alasan tepat terkait penutupan TitkTok Shop ini dan pastinya sudah benar-benar matang diperhitungkan dampak positif dan negatif baik terhadap para pengguna Tiktok itu sendiri, terhadap pengguna sosial media lain, dan secara umum terhadap seluruh warga negara ndonesia. Berikut pengumuman resmi dari TikTok Shop Indonesia.

Kapan Tiktok Shop Indonesia akan melanjutkan kembali operasional di Indonesia?
TikTok Shop Indonesia berupaya mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia, dan kami akan memberikan informasi terbaru mengenai hal ini sesegera mungkin.

Bisakah saya terus berjualan melalui TikTok Shop Indonesia Indonesia?​
Penjual dapat terus membuat dan berbagi konten untuk mempromosikan produknya. Namun fitur transaksi tidak akan tersedia.​

Apa yang akan terjadi pada akun kreator yang terikat dengan toko saya?​
Tidak ada dampak pada akun kreator yang terikat ke toko. Akun kreator akan tetap aktif​

Apa yang akan terjadi pada pesanan saya yang sudah ada dan yang sedang berjalan?​
Penjual wajib memproses setiap pesanan yang belum terselesaikan dan memastikan pesanan tersebut diserahkan kepada mitra logistik untuk proses pengiriman.​ Pesanan apa pun yang tidak dikirimkan paling lambat tanggal 5 November akan dibatalkan secara otomatis oleh TikTok Shop Indonesia.​

Apakah saya masih bisa menarik saldo saya?​
Penjual tetap dapat mengakses Pusat Penjual TikTok Shop Indonesia dan dapat menarik sisa dana dari akun tersebut.​

Apa yang terjadi dengan pesanan pre-order?
Prosedur pemenuhan pesanannya tidak berubah. Penjual harus memastikan bahwa semua pesanan pre-order telah diserahkan kepada mitra logistik kami untuk dikirimkan dalam waktu 2 hari sejak tanggal pengiriman Pre-order.​ Pesanan yang tidak dikirimkan paling lambat tanggal 5 November akan dibatalkan secara otomatis oleh TikTokShop.​

Apakah paket saya akan diturunkan prioritasnya oleh kurir karena beredarnya berita TikTok Shop Indonesia?​ Apakah pesanan masih akan diproses untuk pengiriman?​
Kami akan terus bekerja sama dengan mitra logistik untuk memenuhi pesanan Anda​

Bagaimana masalah pelanggan yang belum terselesaikan akan didukung?​
Silakan menghubungi tim TikTok Shop Indonesia melalui https://seller-id.tiktok.com/ticket atau https://seller.tiktok.com/contact-us untuk bantuan lebih lanjut​.

Berapa lama saya bisa terus mendapatkan dukungan dari tim Help Center TikTok Shop Indonesia?
Silakan menghubungi tim  TikTok Shop Indonesia melalui https://seller-id.tiktok.com/ticket atau https://seller.tiktok.com/contact-us untuk bantuan lebih lanjut​.

Bagaimana cara saya memproses pengembalian & pengembalian uang pelanggan?​
Tidak ada perubahan pada kebijakan pengembalian dan pengembalian dana, harap terus memproses pengembalian dan pengembalian dana sesuai kebijakan yang berlaku​