Wednesday, March 20, 2019

Cara Membuat Lampu Aquarium dari LED USB

Penggemar aquarium dan aquascape tentu sudah paham bahwa penerangan sangat diperlukan makhluk hidup di dalam tangki, baik tanaman air, ikan-ikan hias ataupun makhluk air lainnya. Tidak terkecuali aquarium air tawar ataupun air laut, keduanya membutuhkan cahaya.

Cahaya paling ideal untuk penerangan aquarium/ aquascape adalah cahaya matahari sesuai dengan ekosistem dan habitat alam dimana mereka hidup. Sinar matahari memberikan kebutuhan yang sangat cukup bagi semua mahluk hidup termasuk hewan dan tumbuhan air.

Ketika kita membuat aquarium, kemungkinan besar tidak akan mendapat suplay sinar matahari secara langsung karena jarang sekali penghobi ikan hias yang menempatkan tangki aquarium di luar rumah yang terkena langsung sinar matahari.

Umumnya aquarium ditempatkan di dalam ruangan tertutup sebagai dekorasi yang tidak mendapat sinar matahari, sebagai gantinya kita menggunakan lampu khusus aquarium/ aquascape dengan intensitas cahaya yang cukup. Untuk keperluan ini kita bisa dengan mudah memperoleh lampu aquarium di berbagai market place atau di toko-toko perlengkapan aquarium dan ikan hias dengan berbagai merek dan kualitas.

Lampu Aquarium DIY
Lampu Aquarium dari LED USB

Gambar di atas adalah contoh lampu aquarium DIY yang terbuat dari LED USB. Lampu tersebut cocok dipakai untuk penerangan aquarium mini yang berukuran kecil. Cara membuat lampu aquarium dari LED USB tersebut cukup mudah, tutorial detailnya dapat sobat lihat pada video di bawah.

Tutorial cara membuat lampu aquarium dari LED USB

Bahan dan peralatan yang diperlukan untuk membuat Lampu ini sangat mudah diperoleh di toko elektronik atau di market place seperti Shopee, Tokopedia, atau di Bukalapak.

Bahan yang diperlukan:
  1. LED USB dua buah. Bisa juga ditambah jumlahnya sesuai kebutuhan.
  2. Kabel listrik.
  3. Kabel USB yang biasa dipakai charger HP atau bisa langsung menggunakan charger HP yang yang terhubung langsung dengan konektor USB.
  4. Timah.
  5. Pipa aquarium transparan 16 mm.
  6. Sambungan (konektor) "L".
  7. Sabungan (konektor) "T".
  8. Saklar listrik.
  9. Dop aquarium yang biasa dipakai untuk menempelkan selang pada kaca.
  10. Steker (colokan) listrik jika diperlukan saja.
  11. Lem bakar/ lem tembak.
Bentuk, konstruksi, tinggi dudukan, jumlah LED USB, dan panjang kabel bisa disesuaikan ukuran tangki aquarium.

LED Aquarium DIY
Bahan yang diperlukan untuk membuat lampu Aquarium

Peralatan yang diperlukan:
  1.  Gergaji besi untuk memotong pipa aquarium transparan.
  2.  Solder.
  3.  Tang pemotong.
  4.  Pisau cutter.
  5.  Hot glue gun (pemanas lem tembak)
  6.  Isolasi.
Langkah-langkahnya dapat sobat simak pada video tutorial di atas.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.