Tuesday, August 2, 2016

Membuat Logo 3D pada Dinding Kaca

Tutorial khusus pemula kali ini mengenai cara membuat logo 3D pada dinding kaca menggunakan mockup Photoshop. Tutorial ini tidak membahas cara membuat mockup Photoshop tetapi bagaimana cara menggunakan file mockup Photoshop yang sudah ada.

Sebelum menggunakan file PSD mockup, terlebih dahulu siapkan logo sendiri dengan background transparan (format PNG) dengan resolusi tinggi, sebaiknya minimal 2000x2000 pixel agar hasilnya bagus dan tidak terlalu kecil. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka situs https://gumroad.com kemudian pilih menu "Features"
  2. Pada kotak pencarian yang tersedia, cari kata kunci (keyword) "3D glass window logo mockup"
  3. Klik logo mockup "3D Glass Wall Logo Mockup" kemudian sahabat bisa membayar (membelinya) hanya dengan harga 1 US Dollar untuk mendapatkan link download
  4. Buka program Photoshop pada komputer/ laptop sahabat kemudian buka file PSD mockup yang tadi sudah di-download
  5. Double klik kotak kecil tepat pada layer "Your Logo", tunggu sampai jendela baru pada Photoshop muncul. Pada jendela tersebut kita bisa melakukan kostumisasi logo
  6. Buka file logo sahabat yang sebelumnya telah dipersiapkan. Pada contoh tutorial ini saya menggunakan logo "PreeBadozz"
  7. Drag gambar logo sahabat ke jendela yang terakhir muncul (silakan lihat video!)
  8. Hapus layer atau sembunyikan layer yang berisi logo lama dengan cara mengklik icon mata kecil di sebelah kiri layer tersebut
  9. Tutup window (jendela) yang sedang dibuka (sedang dilakukan pengeditan logo baru) kemudian simpan dengan cara mengklik tombol "YES"
  10. Sekarang lihat hasilnya dengan membuka jendela pertama pada Photoshop
  11. Tada.... kini logo 3D sahabat sudah menempel di dinding kaca
  12. Logo 3D baru ini bisa disimpan dalam format JPG, GIF, atau PNG melalui "Save for web" pada menu file atau dengan cara menekan tombol ALT+SHIFT+CTRL+S bersamaan. Berinama file baru ini kemudian klik "Save"
  13. Untuk mengeceknya sahabat dapat membuka file yang baru disimpan melalui Windows Explorer.
  14. Lebih jelasnya, silakan simak video tutorial berikut! 

Silakan baca juga tutorial cara membuat logo 3D pada kertas menggunakan PSD file mockup!
Selamat mencoba! Semoga bermanfaat!