Thursday, February 8, 2018

Teknik Cetak Kaos 3D Full Print

Kaos tiga dimensi kini semakin digemari bukan saja di Indonesia tetapi juga di negara-negara lain bahkan Amerika Serikat dan Canada. Informasi ini saya peroleh dari salah satu pengrajin kaos 3D asal Kabupaten Bandung yang sudah malang melintang jualan kaos online di Ebay dan Amazon yang mayoritas konsumennya berasal dari negara-negara tadi.

Salah satu kelebihan dari Kaos 3D Full Print ini adalah hasil gambar yang jelas bahkan sampai semua titik kain yang dipakai. Ini tentu berbeda dengan kaos sablon yang umumnya tidak bisa mencapai titik-titik tertentu misalnya bagian ketiak, daleman hoodie, dan bagian lain pada pakaian yang tersembunyi.


Kelebihan lain dari pakaian printing sublimation ini adalah bisa dipesan satuan yang desainnya tergantung pesanan konsumen. Kaos sablon juga sebenarnya bisa dipesan satuan meski harganya lebih mahal tetapi biasanya pelaku pengusaha sablon tidak menerima satuan, minimal 12 pcs (satu lusin) padahal konsumen hanya memerlukan satu pcs, bukan untuk jualan.

Proses cetak kaos 3D full print dimulai dengan membuat desain sesuai pesanan menggunakan software seperti Photoshop. Hasil desain kemudian dicetak pada transfer paper secara terbalik menggunakan printer khusus. Pada video menggunakan printer sublim merek Mimaki.

Setelah dicetak pada kertas transfer paper langkah selanjutnya adalah memotong gambar sesuai pola dan diletakan di atas kain pasangannya. Misalnya desain lengan disimpan pada pola kain bagian lengan, desain depan disimpan pada kain dengan pola depan, dan seterusnya.

Setelah diletakan sesuai pasangnnya kemudian dilakukan proses hot press dengan temperatur sesuai kebutuhan atau disesuaikan dengan jenis kain yang akan dipanaskan, demikian juga waktu yang dibutuhkan saat proses ini. Jika terlalu lama atau terlalu panas, maka hasilnya tidak akan maksimal bahkan bisa terjadi kerusakan pada kaos, hoodie, atau pakaian lain.

Setelah melalui proses hot press, gambar akan menempel pada kain secara normal (tidak terbalik lagi) dan siap untuk dijahit menjadi pakain jadi. Gambar atau desain bisa berupa foto diri, foto artis, animasi, kartun, atau desain lain sesuai permintaan. Dalam hal ini mayoritas desain bisa dikustomisasi.

Salah satu kelemahan dari kaos 3D full print ini hanya bisa dicetak pada jenis kain tertentu seperi Polyester, selain itu harganya pun masih terbilang mahal.