Tuesday, February 6, 2018

Kotak Rokok Unik Berbentuk Rumah Mini Terbuat dari Kardus

Meski posting ini bertema tentang rokok tetapi bukan berarti menganjurkan sahabat untuk merokok :) Kebetulan saja konten kali ini berkaitan dengan rokok lebih tepatnya bungkus rokok atau kotak penyimpanan rokok alternatif yang terbuat dari kardus (duplek).

Uniknya, kotak penyimpanan ini bisa mengeluarkan sebatang rokok saat bagian atap bergerak ke atas kemudian turun kembali ke bawah. Semua gerakan berasaskan teori dasar Fisika mengenai tekanan udara dan air. Tekanan ini dikendalikan oleh sebuah suntikan besar yang dihubungkan dengan selang plastik berisi air.

Suntikan utama yang ukurannya besar dihubungkan ke dua buah suntikan kecil di samping kotak berbentuk rumah mini. Fungsinya untuk mengangkat dan menurunkan atap (penutup atas). Jika suntikan utama di tekan, maka bagian atap akan turun dan sebaliknya ketika suntikan utama ditarik maka bagian atap akan naik ke atas.


Rokok akan keluar dari atas atap ketika atap tersebut naik kemudian turun kembali. Demikian seterusnya. Kerajinan tangan (handmade craft) ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah diperoleh dan hanya menggunakan peralatan sederhana.

Bahan-bahan yang diperlukan:
  1. Kardus/ duplek
  2. Selang plastik akuarium
  3. Suntikan besar dan kecil
  4. Lem bakar
  5. Air
  6. Pewarna air
  7. Cat
Peralatan yang dibutuhkan:
  1. Gunting
  2. Pisau cutter
  3. Glue gun (pemanas lem bakar)
  4. Koas
  5. Wadah air / bejana
  6. Penggaris
  7. Pensil/ pulpen
  8. Sambungan selang "T"
Lebih jelas mengenai cara membuat cardboard cigarette box ini, silakan simak video di atas. Selamat mencoba.
Semoga bermanfaat !