Monday, February 19, 2018

Cara Mengubah Lampu LED AC 220 Volt Menjadi 9-12 Volt DC

Lampu LED (Light Emiting Diode) sebenarnya bekerja dan menyala hanya dengan sumber listrik searah (DC) dan membutuhkan arus kecil (tergantung jenis LED yang dipakai). Kelebihan lampu LED jika dibandingkan dengan lampu pijar atau lampu neon adalah hemat daya dengan intensitas cahaya yang cukup terang.

Seiring kebutuhan masyarakat yang menginginkan lampu penerangan dengan daya rendah dengan cahaya yang terang, maka banyak produsen lampu yang membuat LED bisa menyala dengan tegangan listrik PLN sekitar 220 Volt AC seolah-olah LED tersebut menyala dengan tegangan PLN.

Masyarakat awam masih banyak yang mengira bahwa lampu LED tersebut menyala dengan sumber tegangan dari PLN. Sebenarnya LED tersebut bekerja bukan dengan arus bolak-balik (AC) tetapi bekerja dengan arus DC. Tegangan 220 Volt AC terlebih dahulu diturunkan kemudian disearahkan sesuai dengan kebutuhan supply LED.

Lalu bagainama cara mengubah lampu LED AC 220 Volt menjadi lampu LED DC 9-12 Volt, dengan kata lain bisa menyala dengan battery atau aki? Caranya, ya kita balikan lagi dengan menghilangkan penurun dan penyearah. Lebih jelasnya bisa dilihat pada video tutorial berikut.


Pertama kita bongkar tutup atas lampu LED untuk melihat rangkaian elektronika yang berfungsi sebagai penurun dan penyearah arus listrik. Lalu bongkar dan buatlah skema rangkaian sesuai dengan PCB yang ada pada lampu tersebut.

Setelah digambar, lakukan pembagian LED dan buat kombinasi rangkaian seri dan paralel sesuai sumber tegangan yang nanti akan digunakan, misalnya 9 Volt DC atau 12 Volt DC jangan sampai LED tidak menyala karena supply terlalu rendah atau terlalu terang karena kelebihan supply tegangan.

Putuskan jalur PCB sesuai pembagian kombinasi LED lalu hubungkan setiap kombinasi LED sesuai skema yang telah dibuat sebelumnya. Lakukan pengetesan terlebih dahulu untuk setiap kombinasi LED. Jika semua LED berkerja normal, langkah selanjutnya adalah memasang kembali rangkain baru (yang telah dimodifikasi) kemudian menutup kembali. Lebih jelasnya silakan simak video di atas!

Selamat mencoba, semoga bermanfaat !