Tuesday, February 13, 2018

Cara Membuat Air Terjun Buatan di Dalam Akuarium

Jika Anda penghobi ikan hias akuarium dan aquascape, tentunya sering melihat pemandangan seperti pada video di bawah yaitu air terjun di dalam akuarium. Dengan adanya air terjun tersebut tentunya bisa memperindah aquascape yang bisa membuat betah siapapun yang melihatnya.

Air terjun yang Anda lihat di dalam akuarium sebenarnya bukan air tetapi pasir silika putih yang jatuh terus-menerus sehingga terlihat seperti air tejun kalau dilihat dari jauh. Pasir ini terangkat oleh udara yang naik dari bawah pipa menuju atas. Tanpa pasir pun sebenarnya air bisa keluar dengan tekanan udara dari aerator akuarium dalam ketinggian tertentu.


Cara membuatnya sangat mudah dan hanya memerlukan pipa dan sambungan pipa "T" atau sambungan "L" yang dilubangin bagian atasnya untuk lubang selang plastik untuk jalur udara dari aerator..

Ukur pipa setinggi permukaan air kemudian potong dan bagian bawahnya diberi lubang sedikit (bagian depan saja) untuk menarik ke atas pasir silika. Siapkan aerator akuarium dan selang plastik secukupnya untuk dimasukan ke dalam pipa tadi. Ujung pipa tersebut boleh diberi saringan udara tetapi harus masuk ke dalam pipa.

Nyalakan aerator ketika pipa ada di dalam air. Untuk mengangkat pasir, maka bagian bawah pipa dimasukan ke dalam pasir. Dengan demikian ketika udara dari aerator keluar, maka pasir akan naik ke atas bersamaan dengan udara yang keluar dari aerator.

Usahakan agar jatuhnya pasir bisa kembali ke bawah untuk dirarik kembali oleh tekanan udara. Di sini bisa dibuat alas miring yang diarahkan ke bawah pipa sehingga pasir akan terus-menerus keluar masuk pipa.

Agar pipa, aerator, dan selang tidak terlihat, maka bisa dihalangi oleh tebing buatan atau batu buatan yang mirip asli agar telihat natural. Jadi prinsip kerjanya adalah tekanan udara yang bisa mearik pasir ke atas.

Selamat menconba!