Wednesday, October 10, 2012

Desain Sertifikat PKL/ PRAKERIN

Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) istilah PKL (Praktek Kerja Lapangan) atau PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) tentu sudah tidak asing lagi. Kegiatan yang merupakan salah satu kurikulum SMK ini biasa dilaksanakan ketika siswa diperkirakan sudah siap terjun ke dunia kerja. Beberapa SMK melaksanakan PKL/PRAKERIN di kelas XI semester II, namun ada yang pelaksanaannya di tingkat akhir yaitu di kelas XII semester I atau di kelas XIII semester I (untuk SMK 4 tahun).

Pada dasarnya Praktik Kerja Industri ini adalah suatu model penyelenggaraan pendidikan yang mengintegrasikan kegiatan belajar siswa di sekolah dengan proses penguasaan keahlian kejuruan melalui bekerja langsung di dunia usaha / dunia industri (DU/DI). Secara tidak langsung, PRAKERIN akan meningkatkan kualitas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mencapai relevansi antara pendidikan dengan kebutuhan tenaga kerja.

Di akhir pelaksanaan PKL/PRAKERIN siswa biasanya diwajibkan membuat laporan dalam bentuk karya tulis atau jurnal yang sudah ditentukan sekolah masing-masing untuk diserahkan kepada pihak sekolah dan pihak industri sebagai dokumen. Beberapa SMK mengadakan pelaksanaan sidang PRAKERIN untuk mempertanggungjawabkan kegiatan selama berada di industri melalui karya tulis yang dibuat tadi.

Siswa yang telah menyelesaikan PRAKERIN akan diberi sertifikat sebagai bentuk penghargaan dan tanda bukti bahwa siswa yang bersangkutan benar-benar sudah menyelesaikan PRAKERIN. Sertifikat ini dapat diberikan oleh pihak perusahaan atau dari pihak sekolah dengan beberapa kriteria penilaian yang telah ditentukan masing-masing.

Di bawah ini sengaja saya buat beberapa contoh desain sertifikat PKL atau sertifikat PRAKERIN sesuai permintaan salah satu pembaca Link Sukses melalui email. Semoga bermanfaat.

Sertifikat PKL
Contoh Desain Sertifikat PKL
Link Download:
http://www.4shared.com/photo/OzVXyW_J/Sertifikat-PKL-1.html
Sertifikat PKL
Contoh Desain Sertifikat PKL dari sekolah untuk perusahaan
Link Download:
http://www.4shared.com/photo/B7n_0lZA/Sertifikat-PKL-2.html
Sertifikat PRAKERIN
Contoh Desain Sertifikat PRAKERIN
Link Download:
http://www.4shared.com/photo/MuAUt_Us/Sertifikat-PRAKERIN-1.html