Sunday, March 11, 2012

Pelajaran dari Kontes SEO

Meskipun tidak berhasil menjadi pemenang Kontes SEO kali ini, sepertinya saya harus puas dengan peringkat yang hanya masuk 30 besar. Kenapa? Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan, selain harus bersaing dengan para senior, hal utama yang saya sadari adalah kurangnya keseriusan dalam mengoptimasi kata kunci.

Bagi saya, kontes SEO dengan keyword "Sewa Ruang Kantor Jakarta Murah" menjadi pelajaran yang sangat berharga. Banyak metode SEO para senior yang belum saya terapkan dengan benar, hal ini saya sadari setelah saya teliti dengan mengunjungi satu-persatu setiap blog di urutan 1- 10 yang menjadi peserta kontes SEO.

Karena kurangnya optimasi, posisi blog yang saya submit turun-naik tidak menentu di Search Engine. Terkadang di posisi 2-8, terkadang di posisi 8-15, bahkan pernah juga di posisi pertama goolge.co.id. Namun ketika jarang update artikel (tidak melakukan posting) selama kurang lebih satu bulan terakhir, posisi blog semakin jauh ke belakang meskipun masih termasuk 30 besar.

Kesimpulan sementara saya mengenai hal ini adalah : interval posting blog dapat berpengaruh terhadap halaman lain meskipun tidak satu tema. Dengan kata lain posting yang teratur akan mengangkat reputasi URL halaman lain di mata Search Engine meskipun dengan tema yang berbeda.

Saran saya bagi rekan-rekan yang sedang mengikuti kontes SEO, sering-seringlah update blog dengan menerbitkan artikel baru yang teratur, tentu saja satu tema akan lebih baik karena akan sangat mudah membuat internal linking pada keyword yang dilombakan.

Rekan-rekan memiliki pengalaman lain mengenai optimasi blog? Silahkan sharing di sinsi!