Komponen Elektronika Dioda

Dioda merupakan salah satu komponen aktif elektronika yang memiliki dua saluran yaitu anoda (A) dan Katoda (K). Dioda Biasa yang terbuat dari silicon dan germanium berfungsi sebagai penyearah jika dipasang forward tetapi akan berfungsi sebagai penahan arus jika dipasang sebaliknya (reverse). Ketika terminal anoda diberi tegangan positif atau terminal katoda diberi tegangan negatif, maka kondisi ini disebut forward-bias, sebaliknya jika anoda diberi tegangan negatif atau katoda diberi tegangan positif maka kondisi ini disebut reverse-bias.

Contoh sederhana, jika lampu DC dipasang pada suatu sistem rangkain tertutup forward-bias, maka lampu tersebut akan menyala karena arus akan mengalir pada lampu melalui dioda, sedangkan jika dipasang reverse-bias maka lampu tersebut tidak akan mendapat arus listrik karena tertahan oleh dioda sehingga lampu padam.

Pada kondisi forward-bias akan terjadi drop tegangan (penurunan) sekitar 0,2-0.3 Volt untuk dioda germanium dan 0,6-0,7 Volt untuk dioda silikon. Komponen elektronika ini dapat digunakan sebagai penyearah tegangan bolak balik (AC) pada sistem regulator atau biasa disebut dengan istilah power supply.

Jenis-jenis Dioda:
  1. Dioda Biasa (yang sedang dibahas)
  2. Dioda Zener
  3. Dioda Schottky
  4. LED (Light EMiting Diode)
  5. Dioda Terowongan
  6. Dioda Foto (Photo Diode)
  7. SCR
Jenis dioda pada point 2-7 akan dibahas pada posting laini.

Bahan pembuatan dioda adalah semikonduktor tipe positif (P) dan tipe negatif (N) yang digabungkan sehingga terbentuk dua terminal yaitu anoda yang terhubung dengan semikonduktor tipe positif dan katoda yang terhubung dengan semikonduktor tipe negatif.

Salah satu cara untuk mengetahui kondisi sebuah dioda biasa dapat dilakukan dengan cara sederhana menggunakan alat ukur AVO meter jarum (multimeter analog). Jika probe positif tester dihubungkan dengan kaki anoda dan probe negatif tester dihubungkan dengan kaki katoda kemudian jarum AVO meter bergerak mendekati 0 Ohm dan jika dipasang terbalik jarum AVO meter tidak bergerak (resistansi sangat besar) maka kondisi seperti itu menandakan dioda dalam kondisi baik.

Penjelasan lebih rinci mengenai komponen dioda dapat dilihat di www.elektronika123.com

Arsip