Sunday, March 27, 2011

Blogger Template Creator

blogger template
Banyak sekali situs yang menyediakan template Blogger gratis, download kemudian upload kembali template tersebut, jadi deh template baru. Agar terlihat rapih dan sesuai dengan keinginan, sedikit setingan diperlukan untuk menyempurnakan template Blogspot baru tersebut.

Pada template blogger baru biasanya tidak semua widget berada pada posisi sebelumnya. Contoh, follower yang asalnya di sidebar kiri dapat berpindah ke footer atau sebaliknya, demikian juga blogroll yang tadinya di sidebar kanan dapat berubah ke kiri.

Untuk mengatasi perubahan itu diperlukan beberapa setingan pada bagian desain page elements dengan memindahkan widget sesuai posisi yang diinginkan. Sedangkan pengaturan tombol menu utama dilakukan pada bagian Design Edit HTML dengan mengedit kode HTML dan CSS yang diperlukan.

Ketika pengguna men-download template dalam format .zip atau rar, biasanya terdapat file readme.txt sebagai keterangan (help) untuk membantu pengguna melakukan perubahan. Satu hal yang selalu ada pada template tersebut yang tidak boleh dirubah atau dihapus adalah kredit si pembuat template yang biasa diletakan pada footer sebagai bentuk apresiasi.

Keuntungan yang akan diperoleh designer adalah backlink, itulah sebabnya mereka berani memberikan template blogspot gratis. Makin banyak pengguna template makin banyak one way banklink yang mereka peroleh. yang akan menjadi nilai plus di mata search engine.

Sobat ingin mendapat backlink seperti itu? Jawabnya gampang-gampang susah deh, yang jelas harus bisa membuat template Blogspot sendiri kemudian submit ke situs-situs yang menerima blogger template. Tapi ingat pada footer harus dicantumkan URL situs Anda.

Lalu bagaimana cara membuat template Blogspot karya sendiri?
  1. Pertama harus menguasai HTML Dasar.
    Untuk belajar HTML dapat dilakukan online misalnya di W3C School. Di sana dipelajari cara penulisan HTML dasar sampai tingkat lanjut disertai praktek langsung.
  2. Kedua mempunyai kemampuan seni desain layout.
    Seni desain layout sebenarnya merupakan bakat dan penilaian Anda sendiri terhadap seni. 
  3. Ketiga kemampuan dekorasi untuk mempercantik template agar lebih menarik.
    Untuk yang satu ini dapat dilakukan dengan Photoshop tetapi tentu saja bakat seni harus Anda miliki. Dekorasi ini nantinya dapat ditampilkan melalui background, gambar header, blockquote, buller, background heading, dan sebagainya.
Di bawah ini adalah beberapa program online gratis yang dapat sobat gunakan untuk membuat template Blogspot. Anda dapat mencoba membuat template blogspot sendiri tanpa harus menguasai kode HTML secara luas karena kode-kode tersebut langsung dibuat oleh software. Selanjutnya tinggal copas atau download sebagai file template.xml.
  1. Pimp-My-Profile
    Blogger Template Generator

  2. PsycHo
    Blogger Template Generator
  3. Trix TG v2
    Blogger Template Generator

Disamping tool tersebut, masih ada program pembuatan template Blogspot, bahkan di antaranya ada yang dapat dilakukan secara offline kemudian dapat di-export ke beberapa CMS seperti Blogger, Joomla, Wordpress, Drupal, dll tetapi kebanyakan tidak gratis alias berbayar :D

Langkah-langkah pembuatan template blogspot tersebut dapat Anda lihat dan praktekan sendiri pada situs yang bersangkutan.

Tolong dikoreksi! Selamat mencoba!