Tuesday, April 27, 2010

Google Adsense VS Facebook

Google VS Facebook
Sadar atau tidak Facebook sebagai salah satu situs social networking telah menyusup di banyak situs dimana situs-situs tersebut dengan senang hati telah menambahkan  plug-in Facebook berupa Facebook Botton, Facebook Badge, Facebook Fan Box dan plug-in Facebook lainnya yang biasanya ditempatkan pada sidebar atau di bawah postingan.

Facebook yang saat postingan ini ditulis memiliki Google Pagerank 10 dan Alexa Rank 2 bisa saja berencana untuk meluncurkan produk seperti Google Adsense yang memungkinkan para pengiklan menggunakan layanan ini sebagai tempat promosi. Kalau hal ini terjadi, bagaimana menurut Anda, apakah Facebook akan menjadi saingan Google Adsense?

Kita tahu bahwa Goggle dapat menghasilkan keuntungan besar dari iklan yang dipasang melalui Google Adsense oleh pihak publisher pada situs mereka dimana iklan yang tampil akan relevan dengan keyword yang dibidik oleh pengiklan. Situs-situs tersebut biasanya akan muncul saat kita mencari keyword tersebut pada Google search engine.

Untuk saat ini Facebook memberikan layanan untuk pengiklan melalui situs Facebook sendiri sehingga iklan akan tampil pada situs Facebook dan bukan pada situs lain seperti halnya Google Adsense kecuali pemilik situs menampilkan iklan tersebut melalui situs mereka. Meskipun demikian pengiklan dapat dengan mudah menentukan target pasar untuk iklan tersebut.

Benarkah sekarang Facebook merupakan saingan Google Adsense?