Friday, June 12, 2009

Sekilas Tentang Internet

Jaringan Internet
Yang sedang Anda lihat saat ini sebenarnya merupakan salah satu fasilitas Internet dan Anda pun sebenarnya sedang mengakses apa yang namanya internet. Dengan internet Anda bisa mendapat berbagai informasi tanpa batas baik informasi mengenai ekonomi, sosial, politik, budaya, bisnis online, foto, game, software dan banyak lagi. Internet (International Network, Interconnected Network) atau biasa kita sebut dengan istilah "dunia maya" merupakan dunia yang sebenarnya tidak ada, namun tampak seperti dunia nyata.

Dengan internet kita bisa melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan di dunia nyata seperti download program, e-mail, download lagu, online transfer uang seperti misalnya Paypal dan sebagainya. Seperti halnya dunia nyata sisi negatipnya pun banyak, oleh karena itu sebelum menggunakan internet sebaiknya kita siapkan diri kita agar bisa memfilter dan memproteksi diri agar tidak terjerumus di lembah negatif dunia maya.

Dulu, untuk menyampaikan sepucuk surat saja membutuhkan waktu yang lama sampai ada yang lebih dari seminggu, sekarang dengan teknologi internet surat dapat kita kirim dalam hitungan detik ke berbagai belahan dunia dengan biaya yang sangat murah. Dengan adanya internet kita tidak perlu lagi antri di Bank untuk transfer uang, atau antri di loket-loket pembayaran listrik, telpon, tiket dan sebagainya, semua itu bisa kita dilakukan melalui Internet. Tidak perlu lagi membeli buku yang mahal dan tebal karena dengan internet kita bisa cari e-book yang murah bahkan yang gratispun ada dengan kualitas yang tetap bagus walaupun masih banyak sebenarnya kelemahan dari internet itu sendiri.

Internet (kependekan daripada perkataan ‘interconnected-networking’) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Rangkaian pusat yang membentuk Internet diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET, yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET termasuk kaedah rangkaian tanpa-pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).

Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal hari ini. Pada sekitar 1990-an, Internet telah berkembang dan menyambungkan kebanyakan pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.

Mengakses dan memulai Internet
Berbagai browser untuk memulai akses internet banyak tersedia diantaranya adalah Mozilla Firefox, Internet Exporer, Opera, dan lain-lain. Browser-browser tersebut tentu saja memiliki berbagai keistimewaan an kekurangan.

Untuk memulai mengakses internet anda bisa meng-Click salah satu browser dibawah ini yang anda sukai. Berikut ini adalah beberapa logo dan nama dari browser internet yang umum dan paling banyak dipakai. Masing-masing browser mempunyai kelebihan dan kekurangan mulai dari kecepatan acces sampai pada tampilan dan fasilitas internet itu sendiri.

Setelah anda meng-click salah satu browser, tulis alamat website pada kolom address misalnya untuk mengakses blog Link Sukses tulis http://www.linksukses.com atau http://linksukses.com., bisa juga ditulis tanpa "www" bahkan tanpa "http://www", bahkan sekarang browser-browser sudah suport huruf besar atau kecil, namun sebaiknya gunakan huruf kecil semuanya. Di bawah ini adalah beberapa contoh website dan cara penulisan alamatnya:


No Title Website Alamat WebSite Content/Isi
1 Facebook http://www.facebook.com Forum Pertemanan
2 Friendster http://www.friendster.com Komunitas Persahabatan
3 BeeMP3 http://www.beemp3.com Situs untuk mendownload music
4 SCTV http://www.sctv.co.id Televisi Swasta SCTV
5 Magic Eyes http://www.magiceyes.co.cc Gambar Ilusi dan Magic Eyes
6 Google http://www.google.com Mesin Pencari
7 Yahoo http://yahoo.com Mesin Pencari
8 MSN http://www.msn.com Mesin Pencari

Website seperti Yahoo, Youtube, Friendster, Facebook pada jam-jam tertentu biasanya agak lambat diakses, hal ini disebabkan karena ratusan juta orang mengakses situs yang sama dalam waktu yang bersamaan sehingga trafik data pada saat itu menjadi padat dan sibuk.


Contoh Situs penyedia email gratis :
No Nama Email Alamat Email Situs Pemilik E-mail
1 gmail username@gmail.com Google
2 ymail username@ymail.com Yahoo
3 telkom username@telkom.net Telkom
4 mailcity username@mailcity.com Mailcity
5 astaga username@astaga.com Astaga
6 plasa username@plasa.com Plasa


Demikian sekilas informasi dasar mengenai Internet, semoga bermanfaat