Sunday, July 1, 2018

DIY Mixer Mini dengan Battery dan Motor DC

Sahabat tentu tahu apa itu mixer dan kegunaannya. Di posting ini bukan membahas mixer yang berhubungan dengan sisten elektronika yang digunakan untuk mixing suara tetapi mixer yang biasa digunakan untuk mengocok minuman dan makanan.

Di video adalah kreasi adak SMK yang membuat mixer mini untuk mengocok telur, kopi, atau minuman lain. Mixer tersebut menggunakan motor DC kecil yang bekerja dengan battery 9 Volt. Lebih jelas cara membuatnya silakan simak video berikut !



Motor DC 6-9 Volt dihubungkan dengan kawat yang sudah diluruskan agar bisa berputar sampai ke bawah. Panjangnya sekitar 20-30 cm. Cara menyambungnya menggunaan sedotan minuman Aqua gelas yang direkatkan dengan lem bakar (lem tembak).

Untuk memutarkan motor DC digunakan Battery 9 Volt dan dihubungkan dengan saklar yang berfungsi untuk menyalakan dan mematikan mixer (ON/OFF). Semakin besar kapasitas battery yang dipakai, maka akan semakin lama mixer tersebut bisa digunakan.

Battery 9 Volt, Motor DC, dan Saklar dipasang di dalam dan di atas pipa PVC. Battery 9 Volt bisa juga diganti dengan Adaptor DC 9 Volt agar mixer mini tersebut bisa dipakai lebih lama lagi. Lebih jelas cara membuatnya, silakan saksikan videonya!

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!