Thursday, June 21, 2018

Jangan Percaya Dulu !! Sisir dan Sedotan Bisa Menyalakan Lampu

Sebelum saya jelaskan lebih detail sebaiknya Anda simak dulu video di bawah mengenai sebuah sisir dan kumpulan sedotan yang bisa menyalakan lampu setelah digosokan ke kain wool kemudian didekatkan pada lampu LED.




Kenapa saya beri judul "Jangan Percaya Dulu !!..." tentu bukan tanpa alasan karena sebenarnya ini hanyalah sebuah trik sederhana. Anda yang paham elektronika pasti bisa dengan mudah menebak caranya.

Pertama, lampu AC 220 Volt tersbut sudah diubah menjadi lampu LED DC 9 Volt, caranya dapat dilihat di posting sebelumnya mengenai cara mengubah lampu LED AC 220 Volt menjadi lampu LED 9-12 Volt DC sehingga bisa menyala hanya dengan battery 9 Volt.

Kedua, di dalam lampu LED tersebut dipasang sebuah battery 9 Volt sebagai sumber listrik. Lalu bagaimana cara menyalakan lampu tersebut?

Ketiga, di dalam lampu tersebut dipasang reed switch atau saklar yang bekerja dengan medan magnet. Saklar tersebut akan terhubung jika didekatkan dengan magnet dan akan terputus jika tidak ada medan magnet. Bagaimana sisir dan sedotan bisa menyalakan lampu setelah digosokan ke kain wool kemudian didekatkan pada lampu LED?

Keempat, menggosokan sisir dan sedotan pada kain wool hanyalah trik supaya terlihat seperti mistar plastik yang bisa menghasilkan listrik statis jika digosokan pada rambut atau pada kain wool. Sebenarnya yang bisa menyalakan lampu tersebut bukan masalah menggosokan tetapi karena didekatkan dengan lampu tersebut dimana dibalik sisir dan sedotan disimpan magnet agar saat didekatkan pada lampu LED, reed switch yang terpasang di dalam lampu menjadi terhubung.

Anda bisa mencoba trik ini di rumah sebagai hiburan kepada teman-temna Anda.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat !