Saturday, June 30, 2018

Gangsing Terbang Mirip UFO

Coba Anda perhatikan video di bawah! Ketika diputar seperti biasa, gangsing (disebut juga gasing) berputar di atas meja seperti gangsing pada umumnya. Namun ketika diputar di atas kertas putih dan diangkat dengan bantuan plastik mika, perlahan-lahan gangsing tersebut berputar dan bisa terbang. Kenapa demikian? Coba Anda tebak bagaimana caranya? Real atau ilusi?



Kalau gangsing biasa tentu saja tidak akan bisa terbang tetapi hanya berputar seperti gangsing pada umumnya. Pada video di atas gangsing yang digunakan terbuat dari magnet bundar dengan tambahan pemutar di bagian atas dan kaki di bagian bawah.

Di bawah kertas tersebut dipasang magnet besar, bisa berbentuk bujur sangkar, lingkaran penuh, lingkaran dengan lubang ditengah, atau empat buah magnet yang dipasang di setiap sudut.

Apapun bentuk magnet yang dipasang di bawah kertas karus simetris dan memberi daya tarik dan daya tolak yang sama terhadap gasing. Yang harus diperhatikan adalah berat gasing dan daya magnet. Jangan terlalu berat dan jangan terlalu ringan. Kalau terlalu berat, maka gasing akan menempel pada magnet, sebaliknya jika terlalu ringan maka gasing tersebut akan terpental. Pada video terdapat ring warna biru untuk mengatur berat gasing.

Selain itu, magnet yang disimpan di bawah harus benar-benar rata, kalau tidak maka gasing tidak akan bisa terbang saat diputar dan akan jatuh ke sisi magnet paling rendah.

Jika semua sudah benar, kini saatnya memutar gasing. Caranya, posisikan gasing di atas magnet yang terhalang oleh kertas. Halangi gasing dengan plastik mika untuk membantu mengangkat setelah itu putar gasing dan angkat dengan plastik mika perlahan. Jika posisi, berat, dan daya magnet sudah sesuai, maka gasing tersebut akan terbang seperti pada video.

Selamat mencoba.
Semoga bermanfaat.