Thursday, June 21, 2018

Akuarium Mini Dari Toples Bekas Dilengkapi Pipa Pembuangan Kotoran

Cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak digemari pecinta ikan hias air tawar. Salah satu sifat ikan tersebut tidak bisa disatukan satu sama lain dengan ikan sejenis (khususnya yang jantan) selain di habitat aslinya. Itu menurut salah seorang pecinta ikan cupang yang saya temui di tempat penjualan ikan hias di Bandung.

Karena karakternya ini, ikan cupang identik dengan ikan adu yang sering dikonteskan. Bukan saja diadu secara fisik tetapi juga diadu estetik keindahan ikan tersebut. Itu sebabnya ikan jenis ini selalu dipisah dalam akuarium-akuarium kecil atau dalam toples plastik trasparan.

Bagi Anda pecinta ikan cupang dapat mencoba membuat akuarium mini dari toples bekas seperti pada video di bawah. Silakan simak bagaimana cara membuatnya.




Akuarium tersebut dilengkapi pipa penguras yang berfungsi untuk membuang kotoran di dasar akuarium tanpa menumpahkan (menguras semua air) di dalam toples tersebut. Cukup dengan mengisi air bersih secara perlahan ke dalamnya, maka kotoran pun akan mengalir ke pipa pembuangan karena prinsip kerja ketinggian air.

Akuarium ini juga dilengkapi empat buah lampu LED sebagai dekorasi penambah keindahan aquascape. Bukan saja untuk ikan cupang, akuarium toples ini juga bisa dipakai untuk ikan-ikan hias lain yang berukuran kecil.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!