Friday, February 9, 2018

Cara Membuat Dispenser Mini dari Kardus Bekas untuk Soft Drink

Dispenser mini ini memang tidak bisa memanaskan air seperti halnya dispenser bermerek buatan toko tetapi hanya bisa mengalirkan air dari botol minuman (soft drink). Meski terbuat dari kardus dengan bentuk yang sangat sederhana tetapi hal ini bisa menjadi bahan praktek Fisika untuk mengimplementasikan teori dasar tekanan udara dan air pada ruang tertutup.

Selain kardus bekas sebagai bahan utama, untuk sumber tekanan udara dipasang aerator akuarium kecil dan untuk menjalankan aerator dipasang saklar listrik. Ukuran dispenser ini bisa disesuaikan dengan ukuran botol soft drink yang akan disimpan di dalamnya. Untuk mengalirkan air dipasang selang plastik yang terhubung ke botol minuman. Cara membuatnya dapat Anda saksikan melalui video di bawah!


Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  1. Kardus bekas secukupnya
  2. Lem bakar secukupnya
  3. Aerator akuarium kecil satu lubang output satu buah
  4. Selang plastik akuarium secukupnya
  5. Botol soft drink seperti Sprite atau Coca-cola satu buah
  6. Solasi secukupnya
  7. Timah secukupnya
  8. Air
  9. Kabel listrik
  10. Saklar listrik satu buah
Peralatan yang dibutuhkan:
  1. Pemanas lem bakar (glue gun)
  2. Solder
  3. Gunting
  4. Pisau cutter
  5. Penggaris
  6. Pensil/ Spidol
Cara kerjanya:
Ketika saklar listrik di tekan, maka aerator akuarium akan menyala dan mengalirkan udara melalui selang plastik ke dalam botol minuman. Udara ini akan menekan cairan pada botol dan mengalirkannya ke luar menuju cangkir/ gelas melalui selang plastik. Cukup simpel buka ?

Dispenser kardus ini bisa dipasang di samping laptop/ komputer saat Anda mengerjakan tugas, minumannya bisa diganti dengan kesukaan Anda selama ukuran botolnya cukup. Lebih jelas cara membuatnya silakan simak video tutorial di atas.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat !