Friday, October 20, 2017

Manfaat Memiliki Cloud Hosting Unlimited Bandwith

Ketika membeli atau berencana ingin membeli web hosting khususnya cloud hosting mungkin kita biasanya lebih terpaku dan mementingkan memiliki ruang penyimpana lebih besar dibanding bandwith. Padahal sebenarnya terbalik, seharunya yang lebih dipentingkan adalah besaran bandwith.


Kenapa bandwith hosting lebih penting daripada space hosting ?

Dikutip dari www.blog.webhostingalinone.com berikut adalah alasan utama kenapa kita perlu memiliki cloud hosting unlimited bandwith.

" Kenapa sangat perlu cloud hosting unlimited bandwith ? jawaban yang paling mudah dicerna adalah penggunaan bandwith tidak bisa di kontrol oleh pemilik website.

Naik turun penggunaan bandwith tergantung banyaknya pengunjung. Artinya kita tidak dapat mengendalikan seberapa banyak orang yang mengkases situs web kita.

Semakin website terkenal maka semakin banyak pengakses dan penggunaan bandwith akan terus bertambah. "

Lalu unlimited space berguna dalam hal apa ? Unlimited space hanya akan berguna jika konten bertambah tapi konten bertambah tidak ada artinya jika tidak dikunjungi sama sekali.

Logikanya sebuah website akan lebih bernilai walupun sedikit konten tapi banyak pengunjung ( yang berarti membutuhkan bandwith besar lebih cepat ) Dibanding dengan banyak konten tapi sepi pengunjung menjadikan website jadi tidak berguna.

Terkadang ada sebuah website dengan konten statis satu halaman membutuhkan bandwith lebih besar karena jumlah pengunjung banyak.

Kesimpulannya, kebutuhan ruang penyimpanan bisa direncanakan dan dihitung dari awal sebelum melakukan pembelian hosting tetapi penggunaan bandiwith ditentukan beberapa faktor yaitu :
  • Seberapa baik dalam mengoptimalkan SEO
  • Seberapa besar promosi yang dilakukan secara langsung
  • Seberapa bermanfaat konten yang ditampilkan.
Perlu diingat, konten bermanfaat bukan berarti selalu harus banyak. Jika konten banyak tapi tidak bermanfaat hanya akan jadi konten sampah seperti halnya auto generate artikel, auto blogging, artikel dan gambar copas sana-sini dll
Selain itu, untuk hasil sesuai harapan dengan cara pengoptimalan SEO, promosi langsung dan membuat konten bermanfaat harus melawati proses panjang dan jalan berliku. Serta harus terus bersaing secara ketat dengan situs web lain.

Tetapi ketika ketiga faktor diatas dijalankan dengan benar dan berhasil maka pengunjung baru terus bertambah dan pengunjung lama terus kembali yang artinya kebutuhan bandwith akan terus meningkat dan pada akhirnya unlimited bandwith adalah sebuah solusi.